Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon, 4 September 2023

Dalam rangka memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap malam Selasa Wage, Uyon-Uyon Hadiluhung kembali dilaksanakan. Acara yang bertepatan dengan Senin Pon, 18 Sapar 1957 Jimawal, kali ini pun kembali digelar di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan.

Pada 4 September 2023, Uyon-Uyon Hadiluhung menyajikan beragam komposisi gendhing dan pertunjukan Srimpi Gambirsawit. Acara dapat dihadiri masyarakat secara langsung dengan melakukan reservasi dan dapat disimak melalui siaran langsung (live streaming) kanal YouTube Kraton Jogja mulai pukul 19.00. Uyon-Uyon Hadiluhung juga dapat disimak melalui siaran RRI Pro 4 Yogyakarta. Meskipun PPKM tidak diberlakukan lagi, seluruh tamu dan Abdi Dalem yang hadir tetap diimbau untuk menjaga protokol kesehatan.

Uyon Uyon 002

Komposisi Gendhing:

  1. Gendhing Pambuka : Ladrang Raja Manggala Laras Pelog Pathet Enem.
  2. Gendhing Soran : Gendhing Wulan Karahinan Laras Slendro Pathet Enem, Kendhangan Jangga, jangkep sadhawahipun. 
  3. Gendhing Lirihan I : Gendhing Glondhong Laras Pelog Pathet Lima, Kendhangan Sarayuda, jangkep sadhawahipun. Minggah Ladrang Madu Kentar Laras Pelog Pathet Lima. Dilanjutkan Sabda Dalem Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10.
  4. Gendhing Lampah Bedhaya/Srimpi Srimpi Gambir Sawit
  5. Gendhing Lirihan II : Bawa Swara Sekar Asmaradana Slobog katampen Gendhing Nglentar Laras Pelog Pathet Barang, Kendhangan Majemuk,  dhawah Ladrang Mega Banjaran Laras Pelog Pathet Barang, minggah Ketawang Mijil Sumirat Laras Pelog Pathet Barang. 
  6. Gendhing Lirihan III : Gendhing Berkutut Manggung Laras Slendro Pathet Manyura, Kendhangan Candra jangkep sadhawahipun. 
  7. Gendhing Panutup : Ladrang Sri Kondur Laras Slendro Pathet Manyura. 

Uyon Uyon 001

Sinopsis Srimpi Gambirsawit

Srimpi Gambirsawit menukil fragmen dari epos Mahabharata, yakni peperangan Arjuna melawan Adipati Karna yang merupakan anak cerita pernikahan Arjuna dengan Dewi Wara Sumbadra. Alkisah, Arjuna dan Burisrawa dari klan Kurawa bersaing untuk mendapatkan Sumbadra. Diadakanlah sayembara untuk menentukan pemenang, keluarlah Arjuna sebagai pemenangnya. Setelah Arjuna menang, muncul Adipati Karna sebagai utusan penglamar dari klan Kurawa. Keduanya kemudian terlibat perseteruan. Arjuna memenangkan kembali dan berhasil menikah dengan Sumbadra

Srimpi Gambirsawit memiliki kekhasan yang membedakannya dari srimpi-srimpi lain, antara lain saat adegan berperang berlangsung sepasang penari membelakangi lawan yang kemudian akan tertembak. Ragam gerak tersebut dilakukan secara bergantian. Dalam epos Mahabharata dan Serat Pasindhen, Arjuna dan Adipati Karna diceritakan beradu panah ketika berperang, tetapi dalam Srimpi Gambirsawit, mereka menggunakan pistol. Senjata api tersebut merupakan properti bawaan sejak pertama kali tari ini diciptakan. 

Pertunjukan Srimpi Gambrsawit kali ini didukung oleh:

Paraga Patuh

  1. Dhiwya Pasthika
  2. Sekar Mawardah Sari Ananto 
  3. Putri Nurjanah
  4. Amarra Primananda

Paraga Bela

  1. Nyi RL Kusumarastrimatoyo
  2. Candhi Paras Ismoyo
  3. Yutta Ardra Tarakadhyota
  4. Kirani Sabrina Prastantie

Pamucal Beksa

  1. Nyi MW Widyawahyubudaya
  2. Nyi RL Sastrawidyakartika

Panata Gendhing Beksan: MRy Susilomadyo

Panata Gendhing Uyon-Uyon:  MB Puspokawedar

Kandha: RW Sasmintoprobo

Keprak: MB Kusolomatoyo

Panata Busana: MP Nalaprasetya

Produser: MJ Budimatoyo