Awali Tahun Baru 1957 Jimawal, Keraton Luncurkan Tutorial Lagon Beksan Volume 1

Mengawali tahun baru 1957 Jimawal, Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali meluncurkan seri video tutorial. Kali ini, serangkaian video Tutorial Lagon Beksan Volume 1 tayang perdana di kanal YouTube Kraton Jogja pada Rabu (19/07) pukul 19.00 WIB.

Kawedanan Kridhamardawa yang ngemban dhawuh dari Ngarsa Dalem sebagai departemen yang tugasnya melestarikan dan mengembangkan serta memberikan edukasi mengenai kesenian adiluhung Keraton Yogyakarta kepada masyarakat, tentu tidak boleh absen memberikan sajian edukasi melalui media digital kanal YouTube Kraton Jogja. Pada kesempatan terdahulu sudah ada tutorial tayungan, busana anak, macapat, sulukan, tabuhan ricikan khusus, dan sebagainya. Tahun ini, bertepatan dengan Warsa Enggal 1957 Jimawal, kami meluncurkan serangkaian video Tutorial Lagon Beksan Volume 1,” ungkap KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa.

Tutorial 001

Seri video Tutorial Lagon Beksan Volume 1 berjumlah 15 video. Pada hari pertama (19/07), tayang dua video sekaligus yaitu video “Andharan Babagan Lagon Beksan” yang berisikan penjelasan lengkap mengenai Lebdaswara sebagai Abdi Dalem yang bertugas membawakan Lagon dalam beksan (tarian) yang ada di Keraton Yogyakarta, definisi Lagon, jenis-jenis Lagon, penjelasan mengenai pathet dalam Lagon, penggunaan Lagon dalam beksan, dan sebagainya.

Masih pada pada hari yang sama tayang pula video kedua berjudul “Lagon Wetah Laras Pelog Pathet Lima”. Video tersebut berisikan mengenai penjelasan Lagon Wetah Laras Pelog Pathet Lima berikut contoh penerapannya. Kemudian secara berturut-turut setiap harinya pada pukul 19.00 WIB, tayang video-video penjelasan berbagai lagon dan contohnya seperti: Lagon Jugag Laras Pelog Pathet Lima, Lagon Cekak Laras Pelog Pathet Lima, Lagon Wetah Laras Pelog Pathet Nem, Lagon Lasem Jugag Laras Pelog Pathet Nem, Lagon Ngelik Laras Pelog Pathet Nem, Lagon Panunggul Laras Pelog Pathet Nem, Lagon Tlutur Wetah Laras Pelog Pathet Nem, Lagon Tlutur Jugag Laras Pelog Pathet Nem, Lagon Wetah Sangelikipun (Ageng) Laras Pelog Pathet Barang, Lagon Wetah Laras Pelog Pathet Barang, Lagon Jugag Laras Pelog Pathet Barang, Lagon Tlutur Wetah Laras Pelog Pathet Barang, dan Lagon Tlutur Jugag Laras Pelog Pathet Barang.

Tutorial 003

“Meskipun baru tayang perdana pertengahan Juli kemarin, sebenarnya proses produksi seri video ini cukup panjang. Sejak awal Mei, kami sudah ada beberapa kali latihan agar bisa menampilkan versi terbaik saat rekaman. Kemudian, sesi rekamannya dilaksanakan 3 hari yaitu mulai 23-25 Mei 2023 di studio green screen milik Kawedanan Tandha Yekti. Setelah itu, terdapat proses editing dan supervisi atau quality control, hingga tahap akhirnya baru di awal Juli kemarin video siap diunggah dan mulai tayang pada 19 Juli 2023,” papar MB Sri Kawuryan yang mengemban amanah sebagai pangarsa palakerti atau pimpinan produksi seri video Tutorial Lagon Beksan Volume 1.

Tutorial 004

“Selain ditayangkan di kanal YouTube Kraton Jogja, bagi masyarakat yang ingin mendengarkan Lagon Beksan di platform musik digital juga sudah tersedia di Spotify dan Apple Music. Semoga usaha kami mengenalkan khazanah kebudayaan dan kesenian dari Keraton Yogyakarta ini bisa diterima masyarakat, dapat dijadikan sumber pembelajaran, dan tentunya bisa dijadikan warisan berharga untuk anak cucu kita kelak di kemudian hari,” tutup KPH Notonegoro.