Bersama Komunitas, Keraton Yogyakarta Menyosialisasikan Kawasan Sumbu Filosofi

Pada Kamis (9/6), Keraton Yogyakarta melalui Kawedanan Tandha Yekti menggelar agenda temu komunitas Yogyakarta di Bale Raos. Bekerja sama dengan Komunitas Malam Museum, kegiatan ini digelar dalam rangka untuk menyosialisasikan kawasan sumbu filosofi kepada generasi muda. Pasalnya, upaya Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengusulkan kawasan ini sebagai warisan dunia telah dirintis sejak tahun 2014. Proses panjang dalam penyusunan kajian hingga penataan kawasan terkait cagar budaya terus dilakukan secara bertahap. Di sisi lain, kerja sama yang melibatkan pemerintah, akademisi, komunitas, hingga masyarakat diperlukan dalam upaya menyukseskan pengusulan kawasan sumbu filosofi kapada UNESCO.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Kembali Mewisuda Lebih dari 250 Abdi Dalem

Keraton Yogyakarta kembali melaksanakan Wisudan Abdi Dalem pada Selasa Wage (7/6) atau  7 Dulkangidah Alip 1955 di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan. Sejumlah 329 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta terdiri dari 247 Abdi Dalem Reh Punakawan dan 82 Abdi Dalem Reh Kaprajan menjalani wisuda. Abdi Dalem yang diwisuda dari Reh Punakawan terdiri dari; 3 Bupati Sepuh, 2 Bupati Anom, 5 Riya Bupati Anom, 14 Wedana, 15 Penewu, 17 Lurah, 30 Bekel Sepuh, 67 Bekel Anom, dan 94 Jajar. Sedangkan Abdi Dalem dari Reh Kaprajan terdiri dari; 4 Bupati Sepuh, 10 Bupati Anom, 13 Riya Bupati Anom, 27 Wedana, 8 Penewu, 9 Lurah, 4 Bekel Sepuh, dan 7 Bekel Anom.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 6 Juni 2022

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap Senin Pon malam Selasa Wage. Bulan Dulkangidah ini, Uyon-Uyon Hadiluhung digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Hari Lahir Pancasila, Keraton Yogyakarta Pentaskan Ensambel Tiup Yogyakarta Royal Orchestra

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, tim Ensambel Tiup Yogyakarta Royal Orchestra di bawah naungan KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar pementasan di regol (pintu gerbang) barat Kantor Gubernur DIY, Kepatihan, Malioboro. Pentas tersebut digelar secara luring (offline) pada Rabu (1/6), pukul 16.00 WIB.

Peristiwa SELANJUTNYA

Pentas Musikan Mandalasana untuk Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Dalam peringatan ke 114 Hari Kebangkitan Nasional pada Jumat (20/05), Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa menggelar Pentas Musikan Mandalasana di Kagungan Dalem Bangsal Mandhalasana. Masih dalam suasana pandemi, pementasan ini disiarkan langsung secara virtual melalui kanal YouTube Kraton Jogja mulai pukul 16.00 WIB. Pada Pentas Musikan Mandalasana kali ini, Kanca Abdi Dalem Musikan menghadirkan ensambel tiup dari tim Yogyakarta Royal Orchestra, serta solois vocal dan trumpet yang menampilkan 9 repertoar lagu.  

"Pentas Musikan Mandalasana di Hari Kebangkitan Nasional 2022 merupakan pentas musikan pertama di Bangsal Mandalasana untuk tahun ini, dan bulan Maret lalu juga konser Yogyakarta Royal Orchestra menampilkan beberapa solois vokal. Jadi, kami ingin coba hadirkan solois vokal juga di Bangsal Mandhalasana," ungkap KPH Notonegoro, Penghageng KHP Kridhamardawa.

Peristiwa SELANJUTNYA

Kadipaten Mangkunegaran Surakarta Hadiningrat Bersilaturahmi ke Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat

Adipati Puro Mangkunegaran, SIJ KGPAA Mangkunagoro X bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta pada Sabtu (14/05) pukul 14.15 WIB. Kanjeng Gusti Mangkunagoro X datang bersama GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo dan perwakilan kerabat. Rombongan tiba di kompleks Ndalem Kilen dan awalnya diterima oleh GKR Hayu serta KPH Notonegoro.

Setiba di Pendapa Ndalem Kilen, Kanjeng Gusti Mangkunagoro X disambut oleh Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10, turut hadir mendampingi Putri Dalem GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, serta Mantu Dalem KPH Wironegoro dan  KPH Notonegoro. Silaturahmi ini merupakan kelanjutan usai pengukuhan KGPAA Mangkunagoro X pada Sabtu, 12 Maret 2022 lalu. Saat itu, Sri Sultan bersama Permaisuri GKR Hemas berkenan menghadiri agenda penobatan di Puro Mangkunegaran, Surakarta.

Peristiwa SELANJUTNYA

Dua Tahun Berhenti Akibat Pandemi, Keraton Yogyakarta Kembali Gelar Wayangan Bedhol Songsong

Pandemi Covid-19 melanda berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia selama dua tahun terakhir. Sejak itu pula beragam agenda dan Hajad Dalem di Keraton Yogyakarta terpaksa harus dimodifikasi sedemikian rupa, digelar sederhana, atau bahkan ditiadakan. Salah satu agenda yang ditiadakan adalah Bedhol Songsong bulan Sawal yang merupakan rangkaian dari Hajad Dalem Ngabekten. Tahun 2022 ini, Bedhol Songsong kembali digelar di keraton.

Peristiwa SELANJUTNYA

Beksan Ajisaka: Partisipasi Keraton Yogyakarta dalam Peringatan Hari Tari Dunia

Tanggal 29 April selalu diperingati sebagai Hari Tari Dunia (World Dance Day). Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Keraton Yogyakarta tahun ini kembali berpartisipasi dalam perayaan Hari Tari Dunia yang rutin digelar oleh ISI Surakarta. Dalam gelaran World Dance Day 2022-24 Jam Menari yang bertema “Menari Membingkas Renyap”, Keraton Yogyakarta menampilkan Beksan Ajisaka di Pendapa Agung GPH Djojokusumo Institut Seni Indonesia Surakarta pada Jumat (29/04).

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Idulfitri, Keraton Gelar Pembagian Pareden dan Ngabekten Secara Terbatas

Peringatan Idulfitri 1443 H/ Sawal Alip 1955 di Keraton Yogyakarta ditandai dengan pembagian ubarampe gunungan Garebeg Sawal dan prosesi Ngabekten yang digelar secara terbatas. Pembagian ubarampe dilakukan pada Selasa (03/05) pagi, sementara Ngabekten dilakukan pada Selasa (03/05) dan Rabu (04/05). Penyederhanaan prosesi ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 di DIY masih belum usai. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Ngarsa Dalem Merayakan Idulfitri Bersama Presiden Jokowi

Sri Sultan Hamengku Buwono X, permaisuri GKR Hemas dan keluarga keraton, menyambut silaturahmi Presiden Joko Widodo, ibu negara Iriana Joko Widodo beserta putra bungsu Kaesang Pangarep, di Keraton Yogyakarta, Senin (02/05) pagi. Silaturahmi dilaksanakan dalam rangka memperingati Idulfitri 1 Syawal 1443 H/Sawal Alip 1955. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Gelar Prosesi Hajad Dalem Malem Selikuran Jimakir 1954

Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, Keraton Yogyakarta menggelar prosesi Malem Selikuran untuk menyambut malam Lailatulqadar. Agenda Malem Selikuran digelar pada 20 Ramadan/Pasa, Jimakir 1954, tahun ini bertepatan dengan Minggu Pon, 2 Mei 2021. Malem Selikuran berasal dari bahasa Jawa, malem yang berarti waktu malam dan selikur yang berarti dua puluh satu. Dua puluh satu merujuk pada tanggal 21 Pasa, yang menjadi hari pertama dari sepertiga akhir bulan puasa.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Ambil Bagian dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022

Sejak dicanangkan tahun 2017, Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional mulai diperingati pada tanggal 26 April setiap tahunnya. Pada 2022, peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKB 2022) di Jateng-DIY dipusatkan di empat kabupaten yaitu Klaten, Magelang, Boyolali (Jawa Tengah), dan Sleman (DIY). Keempat lokasi tersebut berada di lingkar Gunung Merapi dan dipilih karena dipandang memiliki kesiapsiagaan yang baik apabila terjadi bencana. Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pun ambil bagian dalam HKB 2022 dengan menyuguhkan Flashmob Bala Wanara saat Selebrasi HKB Nasional 2022 di Teras Merapi.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Kembali Hadirkan Tutorial Sekar Macapat Volume 3

Pada bulan Pasa Alip 1955 (Ramadan 1443 H), Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menghadirkan rangkaian video Tutorial Sekar Macapat Volume 3. Rangkaian video ini tayang perdana di kanal YouTube Kraton Jogja mulai hari Senin, 11 April 2022 hingga Kamis, 21 April 2022 pada pukul 17.00 WIB.

Peristiwa SELANJUTNYA

Menyambut Malam Lailatulqadar, Keraton Yogyakarta Gelar Malem Selikuran Alip 1955

Menjelang sepertiga terakhir bulan Ramadan, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Malem Selikuran. Prosesi tersebut berlangsung pada Jumat Pon (22/04) atau tiap tanggal 20 bulan Pasa dalam kalender Jawa. Malem Selikuran merupakan tradisi untuk menyambut datangnya malam lailatulqadar yang akan tiba dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, terutama malam tanggal ganjil. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Penandatanganan MoA Keraton Yogyakarta - FIB UGM Yogyakarta: Gandeng Akademisi untuk Pelestarian Budaya

Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, GKR Condrokirono, mewakili Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat resmi menandatangani MoA (Memorandum of Agreement) atau perjanjian kerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Agenda tersebut berlangsung pada Jumat (01/04) pukul 10.30 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan. Penghageng KHP Kridhamardawa, KPH Notonegoro, juga hadir dalam penandatanganan MoA tersebut. Sementara dari pihak FIB UGM Yogyakarta, hadir Dekan serta Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja sama dan Alumni.

Peristiwa SELANJUTNYA

Memeriahkan Selebrasi Hari Penegakan Kedaulatan Negara, Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser

Hari Penegakan Kedaulatan Negara baru saja menjadi Hari Besar Nasional setelah ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden No.2/2022 pada 24 Februari 2022 lalu. Tanggal 1 Maret ditetapkan sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) berdasarkan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Selebrasi penetapan HPKN telah diselenggarakan pada Rabu (30/03) lalu pukul 19.00 WIB di Istana Kepresidenan Yogyakarta dengan penampilan Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) di bawah naungan KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Peristiwa SELANJUTNYA

Disuguhi Sejarah dan Budaya, Delegasi G20 Terpukau Mengunjungi Keraton Yogyakarta

Kamis (24/03) siang, Keraton Yogyakarta menerima kunjungan dari delegasi G20. G20 merupakan jejaring multilateral penghubung negara-negara maju dan berkembang di dunia. Sebanyak 90 delegasi hadir untuk menyaksikan pameran dan museum secara utuh. Di terima oleh Gusti Kanjeng Ratu Bendara, para delegasi langsung disuguhi koleksi kereta kencana yang tertata rapi di Bangsal Pagelaran. Kereta Kanjeng Kiai Garuda Yeksa begitu menyita perhatian para delegasi, terlebih ketika mengetahui bahwa kereta tersebut merupakan kereta khusus penobatan yang digunakan oleh Sultan.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 28 Maret 2022

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap Senin Pon malam Selasa Wage. Pada bulan Ruwah ini, Uyon-Uyon Hadiluhung digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem, KHP Kridhamardawa Tampilkan Wayang Wong Lakon Gathotkaca Winisuda

Dalam rangka Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 dan GKR Hemas serta memeriahkan Pameran Jayapatra: Dedikasi Keraton Yogyakarta bagi Bangsa, KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menampilkan Wayang Wong lakon Gathotkaca Winisuda. Pergelaran Wayang Wong ini ditayangkan perdana pada Sabtu (19/03) pukul 19.00 WIB di kanal YouTube Kraton Jogja.

Peristiwa SELANJUTNYA

Simposium Internasional Budaya Jawa 2022: Keraton Yogyakarta dan Kontribusinya kepada Bangsa

Sejak tahun 2019, Keraton Yogyakarta menjadi tuan rumah Simposium Internasional Budaya Jawa yang diselenggarakan dalam rangka peringatan kenaikan takhta atau Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas. Selama empat tahun berturut-turut, simposium internasional ini menjadi bukti konsistensi Keraton Yogyakarta dalam membuka ruang diskusi akademik tentang budaya Jawa sekaligus upaya edukasi budaya kepada publik.

Peristiwa SELANJUTNYA

Ngarsa Dalem Mangayubagya Penobatan Adipati Mangkunagoro X

Raja ke-10 Kesultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Permaisuri GKR Hemas menghadiri agenda penobatan Adipati Mangkunagoro X. Prosesi penobatan dilakukan di Pendapa Agung Puro Mangkunegaran, Keprabon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (12/03) pukul 10.00 WIB. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Pameran Jayapatra Resmi Dibuka Untuk Wisatawan

Selasa (08/03), Pameran Jayapatra: Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa resmi dibuka oleh Gusti Kanjeng Ratu Bendara. Pada malam sebelumnya, Senin (07/03), rangkaian pameran dan simposium Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem ke-33 Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas menurut tahun masehi, juga telah dibuka secara daring oleh Sri Sultan dan GKR Mangkubumi melalui kanal YouTube Kraton Jogja. Mengusung tema besar peran keraton bagi Indonesia, pameran kali ini mengedepankan displai arsip-arsip sejarah yang bersumber dari keraton maupun dokumen sejarah dari lembaga lain. Di sisi lain, pameran ini menjadi momentum untuk meneguhkan kembali narasi Yogyakarta dalam sejarah perjalanan memperjuangkan kedaulatan negara.

Peristiwa SELANJUTNYA

Digelar Terbatas, Prosesi Labuhan Patuh Tahun Alip 1955 Berjalan Lancar

Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Labuhan Patuh sebagai penutup rangkaian peringatan Tingalan Jumenengan Dalem. Labuhan berasal dari kata labuh yang artinya membuang, meletakkan, atau menghanyutkan. Maksud dari labuhan ini adalah sebagai doa dan pengharapan untuk membuang segala macam sifat buruk. Hajad Dalem Labuhan Patuh dilaksanakan di tiga tempat, yakni Pantai Parangkusuma, Gunung Merapi, dan Gunung Lawu. Mantu Dalem KPH Wironegoro, KPH Purbodiningrat, KPH Notonegoro dan KPH Yudanegara mengawali prosesi labuhan dengan pemberangkatan ubarampe di Bangsal Srimanganti pada Jumat (04/03) atau (30 Rejeb, tahun Alip 1955) pukul 08.00 WIB. Selanjutnya, rombongan Abdi Dalem yang ngayahi (bertugas) dibagi menjadi tiga untuk menuju lokasi labuhan.

Peristiwa SELANJUTNYA

Rahayu Karaton Dalem, Harapan Luhur Momentum Tingalan Jumenengan Dalem Ke-34

Momentum Tingalan Jumenengan Dalem (Ulang Tahun Kenaikan Takhta) selalu menjadi refleksi bagi Keraton Yogyakarta. Di samping doa panjang umur bagi Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10, kelestarian keraton juga menjadi harapan besar pada peringatan Tingalan Jumenengan Dalem tahun ini. Semenjak pandemi covid, rangkaian upacara Tingalan Jumenengan Dalem banyak mengalami berbagai penyesuaian. Perihal utama yang menjadi perhatian adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat serta penyelenggaraan acara yang tertutup untuk umum.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 21 Februari 2022

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap Senin Pon malam Selasa Wage. Pada bulan Rejeb ini, Uyon-Uyon Hadiluhung digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 17 Januari 2022

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap Senin Pon malam Selasa Wage. Pada bulan Jumadilakhir ini, Uyon-Uyon Hadiluhung digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Akhir Tahun di Gunungkidul

Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa menggelar Konser Akhir Tahun Yogyakarta Royal Orchestra featuring Iskandar Widjaja atau Orkestra Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pada Senin, 20 Desember 2021. Konser akhir tahun tersebut diselenggarakan di Auditorium Taman Budaya Gunungkidul, sekaligus mangayubagya atau memeriahkan peresmian Gedung Taman Budaya Gunungkidul.

Peristiwa SELANJUTNYA

Gati Panglebur Pelasah: Partisipasi Keraton Yogyakarta dalam Jogjakarfest 2021

Jelang penghujung 2021, KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali berpartisipasi dalam gelaran International Jogja Karawitan Festival (Jogjakarfest). Agenda tersebut diselenggarakan oleh Program Studi Karawitan, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta, mengambil tema “Re-actualizing the Beauty Sound of Karawitan in The New Normal”, berlangsung pada 10-11 Desember 2021. Keraton Yogyakarta mendapatkan kehormatan untuk menjadi pembuka festival karawitan berskala internasional ini pada Jumat (10/12) lalu pukul 19.30 WIB.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Rilis Dua Album Mandalasana

KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat merilis secara bersamaan dua album Mandalasana yaitu Album Mandalasana Vol. 1 - Ensembel Musik Gesek dan Album Mandalasana Vol. 2 - Ensembel Musik Tiup. Dalam rangka peluncuran album tersebut, diselenggarakan Talk Show (Gelar Wicara) pada Sabtu, 4 Desember 2021 mulai pukul 19.00 WIB. Gelar wicara digelar secara daring (live streaming) via kanal YouTube Kraton Jogja dari Kagungan Dalem Bangsal Mandhalasana.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 13 Desember 2021

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap Senin Pon malam Selasa Wage. Pada bulan Jumadilawal ini, Uyon-Uyon Hadiluhung diselenggarakan di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Gelar Sugengan Tingalan Dalem Tahunan

Pada Minggu Kliwon (5/12) atau 29 Bakdamulud Alip 1955, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Sugengan Tingalan Dalem Tahunan atau Sugengan Wiyosan Dalem. Prosesi ini merupakan peringatan hari ulang tahun Sultan yang tengah bertakhta berdasarkan tanggal dan bulan kelahiran dalam kalender Jawa. Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 lahir pada 29 Bakdamulud, oleh karena itu Hajad Dalem ini juga disebut sebagai Sugengan Tingalan Dalem Bakdamulud.

Peristiwa SELANJUTNYA

Repertoar Tari Klasik Keraton Yogyakarta Memukau Paviliun Indonesia di Dubai Expo

Pada Rabu (3/11), Keraton Yogyakarta mengirimkan Abdi Dalem Mataya ke Dubai World Expo 2020 dalam rangka misi kebudayaan. Agenda ini berlangsung dari 5-11 November 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab. Terdapat sebelas repertoar tari klasik yang disuguhkan secara bergantian kepada masyarakat multi-nasional dalam berbagai agenda. Enam repertoar di antaranya merupakan tari putri, yaitu Srimpi Muncar, Golek Ayun-ayun, Sekar Pudyastuti, Sesanti Mangayu Hayu, Golek Menak Rengganis-Widaninggar, dan Golek Bawaraga. Sementara itu, lima repertoar tari putra, yaitu Golek Menak Umarmaya-Umarmadi, Beksan Anila-Prahastha, Regol Gunungsari, Klana Topeng Gagah, dan Bambangan-Cakil. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Hari Wayang, Keraton Yogyakarta Luncurkan Tutorial Sulukan Ringgit Purwa

Memperingati Hari Wayang Nasional dan Hari Wayang Dunia setiap tanggal 7 November, Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa mengadakan gelar wicara (talk show) Hari Wayang dan peluncuran (launching) Tutorial Sulukan Ringgit Purwa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Volume 1 – Lagon di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan. Agenda ini disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kraton Jogja pukul 19.00 WIB. Para narasumber, Abdi Dalem dan kerabat kerja yang bertugas telah mengikuti tes swab dengan hasil negatif dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama acara berlangsung. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Gelar Wisudan Bakdamulud Alip 1955

Keraton Yogyakarta baru saja menggelar Wisudan Abdi Dalem pada Selasa Wage (09/11) atau 03 Bakdamulud Alip 1955 di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan. Selain Bakdamulud, Wisudan Abdi Dalem setiap tahunnya juga digelar pada hari Selasa Wage di bulan Sawal. Hari Selasa Wage dipilih karena bertepatan dengan Wiyosan Dalem (hari lahir Sri Sultan). 

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 8 November 2021

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Bawana Ka 10 setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Setelah tiga kali disajikan dalam bentuk gelar wicara (talk show), Uyon-Uyon bulan Bakdamulud ini kembali menyajikan komposisi gendhing dan pertunjukan tari di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Pentas Musikan Mandalasana

Untuk menggelorakan semangat peringatan 93 tahun Hari Sumpah Pemuda, KHP Kridhamardawa, divisi kesenian dan pertunjukan dari Keraton Yogyakarta kembali menggelar Pentas Musikan Mandalasana pada Kamis (28/10) lalu. Masih dalam suasana pandemi, pementasan ini disiarkan langsung secara virtual melalui kanal YouTube Kraton Jogja. Seluruh Abdi Dalem Musikan dan kerabat kerja yang bertugas telah melakukan tes swab antigen dengan hasil negatif. Jumlah pemusik juga dibatasi agar tetap menjaga jarak.

Peristiwa SELANJUTNYA

Kali Kedua, Keraton Yogyakarta Gelar Garebeg Mulud Secara Sederhana

Peringatan Hari Lahir Nabi Muhammad SAW di Keraton Yogyakarta yang bertepatan pada Selasa (19/10) atau 12 Mulud Alip 1955/12 Rabiulawal 1443 H, dilakukan dengan sederhana. Prosesi yang digelar bukanlah Upacara Garebeg dengan arak-arakan prajurit dan gunungan sebagaimana mestinya, melainkan dengan membagikan lebih kurang 2.700 ubarampe rengginang untuk Abdi Dalem, Pura Pakualaman, dan Kepatihan. Penyederhanaan prosesi Garebeg ini dilakukan sejak DIY dilanda pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Luncurkan Tutorial Sekar Macapat Volume 2

Usai meluncurkan Tutorial Sekar (Tembang) Macapat Volume 1 pada 2020 lalu, respons positif dari masyarakat membuat Abdi Dalem KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta kembali bersemangat untuk menghadirkan rangkaian video Tutorial Sekar Macapat Volume 2. “Kami mengapresiasi antusias masyarakat atas tanggapan dan respons yang baik pada peluncuran video tutorial Macapat tahun 2020 lalu,” ungkap KPH Notonegero selaku Penghageng KHP Kridhomardowo. Rangkaian video tutorial yang diluncurkan pada Selasa, 12 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB ini terdiri dari 11 tembang macapat.

Peristiwa SELANJUTNYA

Gelar Wicara: Bincang Budaya dan Peluncuran Video Tutorial Busana Sabukwala-Kencongan

Pada Senin Pon (4/10) lalu, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menghadirkan gelar wicara (talk show) dalam rangka Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dilaksanakan di Bangsal Srimanganti, agenda ini mengambil tajuk “Bincang Budaya dan Peluncuran (Launching) Video Tutorial Busana Anak”. Gelar wicara ini membahas mengenai pakaian adat yang diperuntukkan bagi anak-anak, yaitu sabukwala dan kencongan. Kedua busana tersebut tidak hanya digunakan oleh Putra Dalem (putra/putri Sultan) atau Wayah Dalem (cucu Sultan), namun juga oleh anak-anak Abdi Dalem yang ikut sowan-marak ke keraton.

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringatan Hajad Dalem Khaul Ageng Tahun Alip 1955/2021 M

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat baru saja menyelenggarakan Hajad Dalem Khaul Ageng pada Rabu Pon (29/09) untuk mengenang hari wafat Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Dalam kalender Jawa, prosesi ini diperingati setiap tanggal 21 bulan Sapar. Khaul Ageng tahun ini merupakan peringatan yang ke-33.

Peristiwa SELANJUTNYA

Pentas Wayang Wong Gana Kalajaya, Perkuat Hubungan Diplomatik Indonesia-India

Dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dan mempromosikan pariwisata, seni, budaya serta merawat hubungan baik antara Indonesia dengan India, Keraton Yogyakarta bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Mumbai, menggelar pertunjukan Wayang Wong (Wayang Orang) bertajuk “Gana Kalajaya”. Pertunjukan virtual ini disiarkan secara langsung dari Pelataran Srimanganti, Keraton Yogyakarta, melalui kanal YouTube KJRI Mumbai dan di-relay kanal YouTube Kraton Jogja pada Sabtu (25/09).

Peristiwa SELANJUTNYA

Talk Show: Kendhangan Ketawang Gaya Yogyakarta dan Launching Kendhangan Ketawang

Pada Senin Pon (30/8) lalu, KHP Kridhomardowo menyelenggarakan gelar wicara (Talk Show) bertajuk Kendhangan Ketawang Gaya Yogyakarta dan Peluncuran (Launching) Notasi Kendhangan Ketawang. Agenda gelar wicara ini merupakan kali kedua yang digelar dalam rangka Uyon-Uyon Hadiluhung Selasa Wage. Acara ini disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kraton Jogja pukul 19.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti. Para narasumber, Abdi Dalem dan kerabat kerja yang bertugas telah mengikuti tes swab dengan hasil negatif. Protokol kesehatan yang ketat diterapkan selama acara berlangsung.

Peristiwa SELANJUTNYA

Jamasan Pusaka Alip 1955 Masih Digelar Tertutup

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat baru saja menggelar Hajad Dalem Jamasan Pusaka. Jamasan Pusaka, disebut juga Siraman Pusaka, merupakan ritual tahunan yang dilaksanakan oleh keraton setiap Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon di bulan Sura. Kata “siraman” atau “jamasan” berasal dari bahasa Jawa, yang berarti memandikan atau membersihkan. Tujuan dari prosesi ini adalah membersihkan dan merawat benda-benda pusaka milik keraton.

Peristiwa SELANJUTNYA

Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Menggelar Doa Bersama Sambut Tahun Baru Jawa 1 Suro Alip 1955

Peringatan menyambut pergantian tahun baru Jawa 1 Suro Alip 1955/1 Muharram 1443 H, digelar tanpa Lampah Mubeng Beteng. Pada malam 1 Suro, masyarakat Yogyakarta biasanya mengadakan Lampah Mubeng Beteng atau mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta. Prosesi tersebut dilakukan dengan tapa bisu atau tanpa berbicara sebagai sarana introspeksi diri sembari berjalan kaki mengelilingi benteng keraton. Sebagai gantinya, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta menyelenggarakan doa bersama. Hal ini berkaitan dengan pemberlakuan suasana tanggap darurat bencana pandemi CoViD-19 dan aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Agenda doa bersama juga hanya dihadiri oleh Abdi Dalem secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

Peristiwa SELANJUTNYA

Bojakrama, Pameran Jamuan di Keraton Yogyakarta Usai Digelar

Sabtu (31/7) pukul 19.00 WIB, Keraton Yogyakarta secara resmi menutup Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Menandai penutupan pameran, GKR Bendara menyampaikan sambutan secara virtual melalui kanal Youtube Kraton Jogja. Sejak 2 April, pameran bertema boga dan perjamuan di keraton digelar dalam rangka Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem ke-32 Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pameran semula direncanakan berakhir pada Minggu (27/6), kemudian diperpanjang selama satu bulan melihat apresiasi dan antusias masyarakat Yogyakarta saat mengunjungi pameran. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Talk Show: Launching Gendhing Soran Volume 1 dan Beksan Anak Keraton Yogyakarta

KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta pada Senin (26/7) lalu mengadakan Talk Show: Launching Gendhing Soran Volume 1 dan Beksan Anak Keraton Yogyakarta. Gelar wicara (Talk Show) disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kraton Jogja pukul 19.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti. Agenda ini digelar untuk menggantikan Uyon-Uyon Hadiluhung Selasa Wage yang biasanya menyajikan serangkaian gendhing dan tarian. Gelar wicara diselenggarakan secara tertutup, para pembicara dan Abdi Dalem yang bertugas telah melakukan tes swab dengan hasil negatif. Protokol kesehatan yang ketat diterapkan selama acara berlangsung.

Peristiwa SELANJUTNYA

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas

Hajad Dalem Garebeg Besar, 10 Besar Jimakir 1954/ 20 Juli 2021 kembali ditiadakan. Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat masih menggelar pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg yang digelar tiga kali dalam setahun. Peniadaan ini berkaitan dengan imbauan pemerintah untuk memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Pameran Bojakrama Memasuki Bulan Ketiga

Gelaran Pameran Bojakrama kini telah memasuki bulan ketiga. Sejak dibuka pada Jumat pagi (2/4) oleh GKR Bendara selaku Penghageng KHP Nityabudaya sekaligus Ketua Panitia, Pameran Bojakrama telah menarik lebih dari 10.000 wisatawan. Perhitungan ini didasarkan pada jumlah penjualan tiket di loket pariwisata Keraton Yogyakarta yang ada di area Keben.

Peristiwa SELANJUTNYA

Wisudan Abdi Dalem 12 Dulkangidah Jimakir 1954 J

Bertempat di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan, Keraton Yogyakarta melaksanakan Wisudan Abdi Dalem pada Selasa Wage (22/06) atau 12 Dulkangidah Jimakir 1954. Sejumlah 214 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta terdiri dari 136 Abdi Dalem Reh Punakawan dan 78 Abdi Dalem Reh Kaprajan menjalani wisuda. Abdi Dalem yang diwisuda dari Reh Punakawan terdiri dari; 2 Bupati Kliwon, 2 Bupati Sepuh, 6 Bupati Anom, 1 Riya Bupati Anom, 20 Wedana, 10 Penewu, 15 Lurah, 23 Bekel Sepuh, 27 Bekel Anom, dan 30 Jajar. Sedangkan Abdi Dalem dari Reh Kaprajan terdiri dari; 3 Bupati Kliwon, 9 Bupati Sepuh, 9 Bupati Anom, 11 Riya Bupati Anom, 18 Wedana, 7 Penewu, 10 Lurah, 5 Bekel Sepuh, dan 6 Bekel Anom. Selain itu, terdapat 18 Abdi Dalem yang liyer (berganti tugas) dan miji (pensiun).

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Hari Musik Sedunia, Keraton Yogyakarta Gelar Royal Orchestra dan Rilis Album Gendhing Soran Volume 1

Bertepatan dengan Hari Musik Dunia/ Fete de la Musique (21/06), Keraton Yogyakarta kembali memulai babak baru dengan menggelar Royal Orchestra di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk menghormati musisi di seluruh dunia. Momentum ini bersamaan dengan pertunjukan Uyon-Uyon Hadiluhung yang digelar setiap Senin Pon-malam Selasa Wage.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 21 Juni 2021

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Pada bulan Dulkangidah ini, Uyon-Uyon akan menyajikan komposisi gendhing dan Beksan Srimpi Rangga Janur  di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Hari Teh Sedunia, Keraton Yogyakarta Gelar Jamuan Minum Teh Bersama

Keraton Yogyakarta turut merayakan Hari Teh Internasional (21/05). Momentum ini merupakan kali pertama bagi keraton memperingati hari teh sebagai bagian dari kegiatan pendukung Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Penetapan Hari Teh Internasional sejak 21 Mei 2019 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa bukan tanpa alasan. Perihal ini didasarkan pada panen raya sekaligus musim produksi teh yang dimulai pada bulan Mei. Di sisi lain, PBB menetapkan Hari Teh Internasional sebagai upaya mendukung produksi teh dengan kualitas terbaik sekaligus memberi dampak bagi masyarakat dari sisi kesehatan hingga sektor industri.

Peristiwa SELANJUTNYA

Pentas Musikan Mandalasana: Indonesia Raya Bergema

Bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus Raja Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meluncurkan Gerakan Indonesia Raya Bergema pada Kamis pagi (20/05) dari Gedhong Pracimasana Kepatihan. Agenda ini diinisiasi oleh Forum Yogyakarta untuk Indonesia (For You Indonesia) dan Pemerintah DIY, serta didukung oleh Keraton Yogyakarta, Pura Pakualaman, komunitas Pasar Beringharjo, SMA N 1 Pakem dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Agenda disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kraton Jogja dan Humas Jogja.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 17 Mei 2021

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Pada bulan Sawal ini, Uyon-Uyon akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Hajad Dalem Garebeg Sawal Ditiadakan, Keraton Yogyakarta Bagikan Ubarampe Rengginang

Bertepatan dengan perayaan Idulfitri 1442 Hijriyah pada Kamis, 13 Mei 2021/1 Sawal Jimakir 1954 tahun Jawa, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat sejatinya menggelar Hajad Dalem Garebeg Sawal dan Ngabekten. Namun dikarenakan situasi dan kondisi pandemi CoViD-19, maka kedua Hajad Dalem tersebut ditiadakan. Meski demikian, agar esensi nilai budaya masih lestari, Hajad Dalem Garebeg diganti dengan prosesi pembagian ubarampe gunungan Garebeg berupa rengginang sejumlah 2.700 tangkai. 

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati 32 Tahun Sultan Bertakhta, Keraton Menggelar Pameran Bojakrama

Keraton Yogyakarta kembali menggelar pameran dalam rangka memperingati ulang tahun ke-32 kenaikan takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X berdasarkan tahun masehi. Kali ini Pameran Temporer Adhyatmaka mengusung tema jamuan dengan tajuk Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Pemilihan diksi Bojakrama sebagai judul pameran diadaptasi dari bahasa Jawa yang berarti pesta dan perjamuan. Pameran ini dibuka pada Jumat Pagi (2/4) bertepatan dengan momentum ulang tahun ke-75 tahun Ngarsa Dalem, dan dihadiri oleh rekan media secara terbatas.

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringatan Ulang Tahun Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 ke-33

Tingalan Jumenengan Dalem atau ulang tahun kenaikan takhta Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 tetap digelar meski dalam keterbatasan. Pasalnya, tahun ini Jimakir 1954/ 2021, Yogyakarta masih dalam kondisi pandemi. Berbagai agenda peringatan Tingalan Jumenengan Dalem digelar berdasarkan kalender Sultan Agungan, dimulai dengan Ngebluk (27 Rajab/ 11 Maret), Ngapem (28 Rajab/ 12 Maret), Sugengan (29 Rajab/ 13 Maret), dan Labuhan Parangkusuma (30 Rajab/ 14 Maret), serta Labuhan Lawu dan Merapi (1 Ruwah/ 15 Maret).

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Isra Mikraj 1442 H, Keraton Yogyakarta Gelar Yasa Peksi Burak Jimakir 1954

Setiap tanggal 27 Rajab tahun Jawa, tahun ini bertepatan dengan hari Rabu Kliwon, 10 Maret 2021, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak guna menandai peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW. Yasa memiliki arti membuat atau mengadakan. Peksi berarti burung dan Burak adalah Buraq, makhluk yang diyakini menjadi wahana Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan rohani Isra Mikraj untuk menerima perintah salat lima waktu. Hajad Dalem ini diawali dengan membuat sepasang Peksi Burak, dua pohon buah, dan empat pohon bunga.

Peristiwa SELANJUTNYA

Tingalan Jumenengan Dalem ke-32: Penanda Keterbukaan Keraton Akan Perubahan Zaman

Setiap tahun, Keraton Yogyakarta memperingati Ulang Tahun Kenaikan Takhta (Tingalan Jumenengan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Agenda peringatan dilakukan utamanya berdasarkan kalender Jawa. Peringatan dilakukan setiap tanggal 29 Rejeb. Pada tahun 2021, Tingalan Jumenengan Dalem diselenggarakan untuk memperingati 33 tahun bertakhta Sri Sultan Hamengku Buwono X menurut kalender Jawa yang bertepatan dengan Sabtu, 13 Maret 2021 (29 Rejeb, Tahun Jimakir 1954). Sementara itu, berdasarkan tahun Masehi, Sri Sultan Hamengku Buwono X genap bertakhta selama 32 tahun pada tanggal 7 Maret 2021.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 8 Maret 2021

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Bulan ini, Uyon-Uyon akan kembali digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Peristiwa 6 Jam di Jogja, Keraton Yogyakarta Gelar Pentas Musikan Mandalasana

Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949 merupakan salah satu peristiwa bersejarah di Yogyakarta tentang perjuangan dalam mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia. Setelah bertempur selama 6 jam, tentara bersama rakyat berhasil memukul mundur Belanda dan menduduki kembali Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota Indonesia. Hal tersebut mendorong Abdi Dalem Musikan di bawah naungan KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk kembali menampilkan Pentas Musikan Mandalasana bertajuk “6 Jam di Jogja”. Pentas ini digelar pada hari Senin, 1 Maret 2021 di Kagungan Dalem Bangsal Mandhalasana, tepat pukul 08.00 WIB, bersamaan dengan bunyi sirene peringatan Serangan Oemoem 1 Maret di beberapa titik di Yogyakarta.

Peristiwa SELANJUTNYA

Pameran Sang Adiwira: Sri Sultan Hamengku Buwono II Resmi Ditutup

Pameran Temporer Adhyatmaka bertajuk Sang Adiwira: Sri Sultan Hamengku Buwono II yang diselenggarakan Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya Keraton Yogyakarta resmi ditutup pada Minggu (31/01) pukul 18.45 WIB. GKR Bendara selaku Penghageng KHP Nityabudaya dan Ketua Pameran Sang Adiwira menyampaikan sambutan penutupan pameran secara virtual melalui kanal Youtube Kraton Jogja di Ruang Pameran Temporer, Pelataran Kedhaton.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 1 Februari 2021

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, Uyon-Uyon kali ini akan diselenggarakan di Kagungan Dalem Bangsal Manis.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 28 Desember 2020

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Sama seperti bulan lalu, Uyon-Uyon kali ini akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Gelar Sugengan Ulang Tahun Sultan dan Wisudan Bakda Mulud

Keraton Yogyakarta baru saja menggelar Sugengan Wiyosan Dalem pada Selasa Kliwon, 15 Desember 2020 atau 29 Bakda Mulud Jimakir 1954. Tanggal 29 Bakda Mulud sendiri diperingati sebagai hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X menurut kalender Jawa. Upacara sugengan digelar di Tratag Bangsal Kencana mulai pukul 10.00 WIB dan diawali pembacaan doa yang dipimpin oleh Mas Ngabdul Ahmad Yusuf dari Abdi Dalem Kanca Kaji. Doa dipanjatkan untuk Sri Sultan Hamengku Buwono X agar senantiasa diberi kesehatan, berumur panjang serta Keraton Yogyakarta diliputi ketenteraman. Sebanyak 77 tumpeng disiapkan, sesuai dengan jumlah usia Sultan dalam tahun Jawa. Seusai doa bersama, tumpeng-tumpeng tersebut selanjutnya dibagikan ke seluruh tepas dan lingkup internal keraton.

Peristiwa SELANJUTNYA

Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa, Keraton Yogyakarta Hadirkan Beksan Ajisaka

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pertama kalinya menampilkan Beksan Ajisaka dalam Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran, Sabtu (05/12) malam. Pahargyan ini diinisiatif oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kebudayaan) DIY dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube TasteOfJogja Disbud DIY. Acara ini dihadiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, KPH Notonegoro, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Ketua PANDI, Paniradya Pati, dan segenap tamu undangan.

Peristiwa SELANJUTNYA

Sebulan Berjalan, Pameran Sang Adiwira Hadirkan Lebih dari 5000 Pengunjung

Pameran Temporer Adhyatmaka: Sang Adiwira Sri Sultan Hamengku Buwono II yang digelar oleh KHP Nityabudaya Keraton Yogyakarta telah berjalan sebulan setelah dibuka pada Kamis (29/10) lalu. Dalam pameran yang masih digelar hingga 31 Januari 2021 mendatang, masyarakat dari dalam dan luar Kota Yogyakarta nampak antusias menyelami sejarah Sri Sultan Hamengku Buwono II selama bertakhta hingga peristiwa yang menyertai.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 23 November 2020

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Sama seperti bulan Oktober lalu, Uyon-Uyon kali ini akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Hari Wayang Nasional 2020: Keraton Yogyakarta Luncurkan Koleksi Digital Ringgit Krucil

Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional pada Sabtu, 7 November 2020, KHP Kridhomardowo meluncurkan koleksi digital Kagungan Dalem Ringgit Krucil Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Terkait situasi tanggap darurat pandemi, acara peluncuran digitalisasi Ringgit (wayang) Krucil digelar secara daring melalui aplikasi Zoom dan ditayangkan melalui kanal Youtube Kraton Jogja pada pukul 10.00 WIB.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Gelar Pameran Temporer tentang Sri Sultan Hamengku Buwono II

Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya sebagai divisi yang bertanggung jawab atas museum dan arsip di Keraton Yogyakarta menyelenggarakan Pameran Temporer Adhyatmaka bertajuk SANG ADIWIRA : Sri Sultan Hamengku Buwono II. Pameran ini digelar di Ruang Pameran Temporer, Pelataran Kedhaton Keraton Yogyakarta mulai Kamis, 29 Oktober 2020 dan akan berakhir pada Minggu, 31 Januari 2021.

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Keraton Yogyakarta Rilis Album Gendhing Gati Volume 2

Bertepatan dengan peringatan ke-92 Hari Sumpah Pemuda, KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat merilis Album Gendhing Gati Volume 2. Album ini berisi 18 gendhing, terdiri dari 16 judul Gendhing Gati dan 2 bonus track Gendhing Gangsaran. Dari 16 judul Gendhing Gati yang dirilis, 14 diantaranya merupakan gendhing lama yang direkam kembali, sementara 2 gendhing lainnya merupakan gendhing unggulan terbaru berjudul Gendhing Gati Taruna dan Gendhing Gati Bhinneka.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 19 Oktober 2020

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage. Uyon-Uyon Hadiluhung kali ini akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Hadirkan Bedhaya Sapta pada Puncak Peringatan Sewindu UU Keistimewaan

Keraton Yogyakarta baru saja menampilkan Beksan Bedhaya Sapta pada agenda puncak peringatan Sewindu Undang-Undang Keistimewaan DIY di Amphiteater, Perpustakaan Grhatama Pustaka, Sabtu (05/09) malam. Momentum ini digelar bertepatan dengan peringatan Amanat 5 September, pada tanggal tersebut 75 tahun lalu, Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia. Agenda ini dihadiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi GKR Hemas dan Putri Dalem, Sri Paduka Paku Alam X dan GKBRAy Adipati Paku Alam, serta tamu undangan lainnya.

Peristiwa SELANJUTNYA

Peringatan Sewindu Undang-Undang Keistimewaan DIY

Bergabungnya Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman menjadi bagian dari Republik Indonesia pada 1945 merupakan awal mula perjalanan keistimewaan Yogyakarta. Setelah mengalami pasang surut pembahasan, status keistimewaan akhirnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditetapkan pada 31 Agustus 2012. Undang-Undang tersebut memuat diantaranya lima pokok kewenangan keistimewaan yaitu tata cara pengangkatan jabatan gubernur dan wakil gubernur, kelembagaan pemerintah daerah, kebudayaan, pertanahan, dan tata ruang.

Peristiwa SELANJUTNYA

Sambut Tahun Baru Jawa, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Gelar Doa Bersama

Rabu malam (19/8), Abdi Dalem Keraton Yogyakarta menggelar acara doa bersama di area Pelataran Kamandungan Lor (Keben). Acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut datangnya tahun baru Jawa, 1 Suro Jimakir 1954. Berbeda dengan kebiasaan sebelumnya, Lampah Budaya Mubeng Beteng atau tapa bisu mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta tidak digelar karena situasi pandemi.

Peristiwa SELANJUTNYA

Tiadakan Garebeg Besar, Keraton Yogyakarta Bagikan Ubarampe Rengginang

Masih dalam masa tanggap darurat bencana CoViD-19, pelaksanaan Hajad Dalem Garebeg Besar sebagai peringatan Hari Raya Iduladha 1441 H di Keraton Yogyakarta pada Jumat Pon (31/7) atau 10 Besar Wawu 1953 ditiadakan. Meski demikian, Keraton Yogyakarta tetap membagikan ubarampe gunungan berupa rengginang. Prosesi ini juga merupakan wujud konsistensi Keraton Yogyakarta melestarikan tradisi meski dalam suasana pandemi.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Luncurkan Font Baru Untuk Notasi Gendhing Gamelan

Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo, sebagai departemen yang mengurusi seni pertunjukan di Keraton Yogyakarta hari ini (23/7) meluncurkan font atau jenis huruf baru untuk penulisan notasi gendhing gamelan. Jenis huruf baru tersebut diberi nama Font Kridhamardawa. Font ini diharapkan bisa menyempurnakan font yang sudah ada dan lazim digunakan oleh pegiat seni karawitan.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Lakukan Uji Coba Prosedur Kebiasaan Baru

Keraton Yogyakarta tengah melakukan uji coba operasional terbatas di empat museum keraton dengan prosedur kebiasaan baru, sejak Rabu (8/7) lalu. Keempat museum keraton, antara lain: Museum Keraton Pagelaran, Museum Kedhaton, Museum Kereta Keraton, dan Tamansari. Adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan seiring dengan pertumbuhan sektor pariwisata di Yogyakarta pascapandemi CoViD-19. Meski demikian, upaya untuk menciptakan kunjungan pariwisata yang aman dan nyaman terus dilakukan.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 6 Juli 2020

Uyon-uyon Hadiluhung merupakan acara yang digelar oleh Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat setiap malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Uyon-uyon Hadiluhung Senin Pon 6 Juli 2020 mendatang akan menyajikan komposisi gendhing dan tari Beksan Etheng.

Peristiwa SELANJUTNYA

Upacara Tedhak Siten RM Suryonegoro, Putra Pertama GKR Hayu dan KPH Notonegoro

Minggu Kliwon (28/6) siang di Pendapa Keraton Kilen berlangsung upacara tedhak siten Raden Mas Manteyyo Kuncoro Suryonegoro, putra pertama GKR Hayu dan KPH Notonegoro, yang kini telah berusia 10 bulan. RM Suryonegoro merupakan cucu keenam Ngarsa Dalem. Selain ungkapan syukur atas tumbuh kembang sang buah hati, tujuan upacara tedhak siten yang bermakna ‘turun tanah’ juga untuk mengenalkannya pada tanah sebagai ruang hidup dan belajar.

Peristiwa SELANJUTNYA

Wisudan Abdi Dalem Sawal Wawu 1953 J digelar Sederhana

Setiap tahun, Keraton Yogyakarta menggelar dua kali Wisudan Abdi Dalem yaitu pada bulan Bakda Mulud dan bulan Sawal. Berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19, Wisudan Abdi Dalem tahun ini digelar sederhana. Prosesi Wisudan Abdi Dalem dilaksanakan oleh Parentah Hageng untuk Abdi Dalem Reh Punakawan dan Tepas Dwarapura untuk Abdi Dalem Reh Kaprajan. Selain itu, Abdi Dalem yang mengikuti wisuda diwajibkan untuk menggunakan masker, menjaga jarak, serta menggunakan penyanitasi tangan sebelum menerima serat kekancingan.

Peristiwa SELANJUTNYA

Jaga Esensi Garebeg, Keraton Yogyakarta Bagikan Ubarampe Gunungan

Pada peringatan Idulfitri 1441 H/Wawu 1953 atau Minggu (24/5), Keraton Yogyakarta meniadakan Hajad Dalem Garebeg Sawal dan Ngabekten. Kebijakan ini diambil guna mendukung anjuran pemerintah dan menyesuaikan kondisi tanggap darurat pandemi Covid-19. Meski demikian, Keraton Yogyakarta tetap membagikan ubarampe gunungan berupa rengginang sejumlah 2.700 buah.

Peristiwa SELANJUTNYA

Kuthomoro, Tradisi Keraton Mengirim Doa di Bulan Ruwah

Setiap tahun pada bulan Ruwah, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Kuthomoro. Prosesi ini bertujuan untuk mengirim doa kepada para leluhur Keraton Yogyakarta yang telah dikebumikan di makam-makam Kagungan Dalem. Hal tersebut diutarakan oleh Carik Kawedanan Pengulon Keraton Yogyakarta Mas Wedana Ngabdul Busaeri, “Tradisi yang konon telah ada sejak masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I ini bertujuan untuk mengirimkan kawilujengan, doa, dan kebaikan kepada para leluhur Keraton Yogyakarta.”

Peristiwa SELANJUTNYA

Labuhan Ageng Tahun Wawu 1953

Kegiatan terakhir yang menandai rangkaian Tingalan Jumenengan Dalem adalah upacara labuhan. Tahun ini labuhan digelar di empat tempat, yakni Pantai Parangkusumo, Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan Hutan Dlepih. Selain diadakan pada tahun Dal, Labuhan Ageng di empat lokasi juga digelar pada tahun Wawu, yang bertepatan dengan tahun peringatan penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Prosesi labuhan diawali dengan pemberangkatan ubarampe ke tempat labuhan yang dipimpin oleh KPH Purbodingrat, KPH Notonegoro dan KPH Yudonegoro di Bangsal Sri Manganti pada Rabu Kliwon, 30 Rejeb atau 25 Maret 2020 pukul 08.00 WIB.

Peristiwa SELANJUTNYA

Tumbuk Tahun Tingalan Jumenengan Dalem ke-32

Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi bertakhta selama 32 tahun pada 29 Rejeb, Wawu 1953 J. Tahun ini sangat istimewa karena menjadi siklus windu ke-4 dari peringatan Tingalan Jumenengan Dalem. Sehingga, perhitungan hari dan tahun peringatan akan tepat terjadi pada hari Selasa Wage pada Tahun Wawu seperti 32 tahun lalu. Peristiwa ini disebut juga dengan istilah Tumbuk.

Peristiwa SELANJUTNYA

Yasa Peksi Burak Wawu 1953, Peringatan Isra Mikraj di Keraton Yogyakarta

Untuk memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1441 H, Keraton Yogyakarta kembali menggelar Hajad Dalem Yasa Peksi Burak. Peksi Burak atau burung buraq dipercaya sebagai wahana Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan rohani untuk menerima perintah salat lima waktu. Prosesi ini digelar setiap tanggal 27 Rejeb tahun Jawa, yang pada tahun ini bertepatan dengan Hari Sabtu Legi Malem Minggu Pahing, 21 Maret 2020.
Peristiwa SELANJUTNYA

Perkuat Hubungan Bilateral, Raja-Ratu Belanda Melawat ke Keraton Yogyakarta

Raja Kerajaan Belanda Willem-Alexander beserta istri, Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti dan rombongan melawat ke Keraton Kasultanan Yogyakarta, Rabu (11/03) pukul 10.00 pagi. Rombongan pada awalnya diterima oleh para Putri dan Mantu Dalem yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, KPH Wironegoro, KPH Purbodiningrat, dan KPH Yudonegoro di Regol Kamandungan Lor (Keben).

Peristiwa SELANJUTNYA

Simposium Internasional Budaya Jawa: “Busana dan Peradaban Keraton Yogyakarta”

Pementasan Beksan Lawung Ringgit oleh KHP Kridhomardowo menjadi suguhan pembuka dalam Simposium Internasional Budaya Jawa “Busana dan Peradaban Keraton Yogyakarta” yang berlangsung pada 9-10 Maret 2020 di Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Acara yang diikuti oleh sekitar 500 peserta ini merupakan bagian dari rangkaian Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Peristiwa SELANJUTNYA

Rangkaian Kegiatan Peringatan Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X

Pada Hari Selasa Wage, 7 Maret 1989 atau 29 Rejeb. Tahun Wawu 1921, KGPH Mangkubumi dinobatkan sebagai Raja ke-10 Keraton Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono X. Selanjutnya, setiap tanggal 29 Rejeb akan digelar peringatan ulang tahun penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X atau Tingalan Jumenengan Dalem. Secara tradisional, Tingalan Jumenengan Dalem terdiri atas rangkaian beberapa kegiatan seperti Ngebluk, Ngapem, Sugengan, dan Labuhan. Dalam perhitungan Kalender Jawa, tahun ini Sri Sultan Hamengku Buwono X genap bertakhta selama 32 tahun pada tanggal 29 Rejeb Tahun Wawu 1953 atau bertepatan dengan 24 Maret 2020. Tahun ini sangat istimewa karena akan menjadi siklus windu ke-4 peringatan Tingalan Jumenengan Dalem. Sehingga perhitungan hari dan tahun peringatan akan tepat terjadi pada Hari Selasa Wage pada Tahun Wawu. Peristiwa ini disebut juga dengan istilah Tumbuk Ageng.

Peristiwa SELANJUTNYA

Pembukaan Pameran Abalakuswa: Hadibusana Keraton Yogyakarta

Bertepatan dengan ulang tahun ke-31 penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X berdasarkan kalender masehi, pada Sabtu Malam (07/03) diadakan resepsi pembukaan pameran bertajuk Abalakuswa: Hadibusana Keraton Yogyakarta di Bangsal Pagelaran. Pameran ini juga menjadi agenda awal dalam rangkaian Tingalan Jumenengan Dalem 2020.

Peristiwa SELANJUTNYA

Jogja Kembali: Pentas Musikan Mandalasana Peringati SO 1 Maret 1949

Peristiwa Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949 merupakan satu babak penting dalam sejarah revolusi kemerdekaan Indonesia. Selama 6 jam, tentara bersama rakyat dapat menduduki Yogyakarta yang waktu itu menjadi ibu kota Indonesia. Keberhasilan ini mengantarkan Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan sebagai negara yang merdeka. Untuk memperingati peristiwa bersejarah ini, Keraton Yogyakarta kembali menggelar Pentas Musikan Mandalasana bertajuk “Jogja Kembali”, Minggu (01/03) di Bangsal Mandalasana.

Peristiwa SELANJUTNYA

Muhibah Mataraman di Purworejo, Keraton Yogyakarta Pentaskan Beksan Nyakrakusuma dan Golek Menak

Keraton Yogyakarta bersama Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta baru saja menggelar lawatan Muhibah Budaya Mataraman ke Purworejo, Jawa Tengah. Serangkaian kegiatan pendukung acara telah digelar sejak Kamis, 20 Februari 2020, diantaranya workshop macapat, workshop penulisan aksara Jawa, workshop pengageman (berbusana Jawa gaya Yogya) dan workshop tari Golek Menak.

Peristiwa SELANJUTNYA

Presiden Republik Singapura Kunjungi Keraton Yogyakarta

Presiden Republik Singapura Halimah Yacob bersama suami, Mohammed Abdullah Alhabshee, beserta jajarannya berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Rabu (05/02) malam. Rombongan tiba di Regol Kamandungan Lor pada pukul 19.00 WIB dan diterima para Putri Dalem yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Bendara beserta Mantu Dalem KPH Wironegoro dan KPH Notonegoro.
Peristiwa SELANJUTNYA

Peringatan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-273

Setiap tanggal 29 Jumadil Awal, Keraton Yogyakarta menggelar peringatan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat. Peringatan ke-273 tahun ini jatuh pada hari Sabtu (25/01). Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk mengenang peringatan berdirinya Kasultanan Yogyakarta diselenggarakan serangkaian acara yang berlangsung selama dua hari.

Peristiwa SELANJUTNYA

Pentas Musikan Mandalasana Kembali Digelar

Keraton Yogyakarta kembali menggelar pentas musikan di Bangsal Mandalasana. Setelah sukses pada pentas sebelumnya dengan tajuk Mandalasana untuk Bineka, kini pentas musikan dikemas dengan mengundang penampil dari luar. Pada Minggu (12/01), Keraton Yogyakarta memberi kesempatan kepada siswa-siswi SMK N 2 Kasihan atau Sekolah Menengah Musik (SMM) untuk tampil kemahiran memainkan instrumen tiup.

Peristiwa SELANJUTNYA

Upacara Tedhak Siten RM Radityo, Putra Kedua GKR Bendara dan KPH Yudanegara

GKR Bendara dan KPH Yudanegara menggelar upacara Tedhak Siten untuk buah hati kedua, Raden Mas Radityo Mandhala Yudo, yang telah menginjak usia satu tahun. RM Radityo merupakan cucu kelima Ngarsa Dalem. Upacara berlangsung pada Minggu (24/11) pukul 14.00 – 15.30 WIB di Pendapa Keraton Kilen. Hadir dalam upacara ini Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas, para Putri Dalem, Mantu Dalem, keluarga besan, dan segenap tamu undangan.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta dalam Perayaan Warisan Budaya Tak Benda 2019

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Malam Puncak Perayaan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2019 di Lapangan Parkir Museum Purbakala Pleret, Bantul, Yogyakarta pada Minggu (24/11). Pada malam itu diserahkan sertifikat WBTB DIY dari Gubernur kepada Bupati/Walikota atas 27 warisan budaya yang telah ditetapkan di tahun 2018 lalu. Tujuh di antaranya merupakan beksan atau tarian dari Keraton Yogyakarta.

Peristiwa SELANJUTNYA

KHP Kridhamardawa Luncurkan Digitalisasi Kotak Wayang Habirandha Sepuh

Bertepatan dengan Hari Wayang Sedunia, KHP Kridhamardawa menggelar launching hasil digitalisasi ringgit (wayang) Kagungan Dalem koleksi kotak Habirandha Sepuh pada Kamis (7/11) bertempat di Bangsal Pagelaran. Acara peluncuran ini dimulai pukul 19.30 WIB dan dihadiri oleh akademisi, budayawan, penggemar wayang kulit, serta masyarakat umum.

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Resmi Buka Pameran Sekaten 2019

Setiap tahun, sebagai bagian dari rangkaian Hajad Dalem Garebeg Mulud, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Pameran Sekaten. Tahun ini, Pameran Sekaten dikonsep secara tematik dengan mengusung tema “Sri Sultan Hamengku Buwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman.”

Peristiwa SELANJUTNYA

Keraton Yogyakarta Gelar Jamasan Pusaka Wawu 1953

Setiap tahun di bulan Sura, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Jamasan Pusaka yang dilaksanakan di dalam dan di luar keraton. Tujuan dari prosesi ini adalah membersihkan benda-benda pusaka milik Keraton Yogyakarta dengan air bunga dan jeruk nipis agar bersih dan terawat.

Peristiwa SELANJUTNYA

Penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X

Sri Sultan Hamengku Buwono X dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang Pendidikan Karakter Berbasis Budaya oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Kamis (5/9). Gelar kehormatan tersebut diberikan karena konsistensi Ngarsa Dalem menjaga karakter kebangsaan dengan menerapkan budaya sebagai induk kehidupan masyarakat Yogyakarta.

Peristiwa SELANJUTNYA

Raja Malaysia Melawat ke Kasultanan Yogyakarta

Raja Malaysia Yang Dipertuan-Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah ditemani istri, Permaisuri Agong Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariyah, serta putri berikut jajarannya berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Rabu (28/08) siang. Rombongan diterima para Putra Dalem yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Bendara beserta Mantu Dalem KPH Purbodiningrat dan KPH Notonegoro di Regol Kamandungan Lor pukul 11.30 WIB.

Peristiwa SELANJUTNYA

Kelahiran Putera GKR Hayu & KPH Notonegoro

GKR Hayu, puteri keempat Sri Sultan Hamengku Buwono X, telah melahirkan buah cintanya dengan KPH Notonegoro pada Hari Minggu 18 Agustus 2019. Cucu keenam Sri Sultan ini diberi nama Raden Mas Manteyyo Kuncoro Suryonegoro lahir secara normal di Rumah Sakit Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta.

Peristiwa SELANJUTNYA

Semangat Persatuan Indonesia dari Abdi Dalem Musikan Keraton Yogyakarta

Instrumental Lagu Indonesia Raya berkumandang di Keraton Yogyakarta pada Minggu pagi, 18 Agustus 2019. Lantunan musik ini dibawakan oleh sekelompok Abdi Dalem dari dalam Bangsal Mandhalasana yang berhias ornamen alat-alat musik barat. Sebelumnya, prosesi kedatangan para pemusik tersebut diiringi oleh suara tetabuhan khas prajurit keraton dari area Kasatriyan menuju Bangsal Mandhalasana pada pukul 09:30 WIB.

Peristiwa SELANJUTNYA

Hajad Dalem Garebeg Besar Be 1952 J/2019 M

Senin Wage (12/8), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar Be 1952 J/2019 M sebagai peringatan Hari Raya Idul Adha. Pada pelaksanaan Garebeg Besar ini, terdapat tujuh gunungan yang dibagikan ke tiga tempat berbeda. Lima gunungan yang terdiri atas Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Gepak, Gunungan Darat, dan Gunungan Pawuhan dibagikan di Masjid Gedhe, sedangkan dua Gunungan Kakung lainnya masing-masing dibagikan di Pura Pakualaman dan Kompleks Kepatihan. Ketujuh gunungan ini selalu muncul pada pelaksanaan Garebeg setiap tahun. Khusus Garebeg Maulud di tahun Dal terdapat satu tambahan, yakni Gunungan Bromo.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 22 Juli 2019

Uyon-Uyon Hadiluhung merupakan acara yang rutin digelar setiap malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara ini bersifat tertutup untuk umum namun disiarkan langsung pukul 21.00-24.00 melalui Youtube dan Periscope Kraton Jogja, juga melalui kanal RRI Yogyakarta (Pro 1 & Pro 4).

Selain menyajikan komposisi gendhing, Uyon-Uyon Hadiluhung pada Senin Pon tanggal 22 Juli 2019 juga menyajikan tari Srimpi Kandha.

Peristiwa SELANJUTNYA

Wisuda Abdi Dalem Sawal Be 1952 J

Sebanyak 245 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari Reh Punokawan dan Kaprajan menjalani wisuda pada Selasa Wage, 14 Sawal Be 1952 J atau Selasa (18/6). Jumlah tersebut terdiri dari 147 Abdi Dalem Reh Punokawan dan 76 Abdi Dalem Reh Kaprajan. Bertempat di Bangsal Kasatriyan, prosesi wisuda dimulai pukul 10.00 pagi.

Peristiwa SELANJUTNYA

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 17 Juni 2019

Uyon-Uyon Hadiluhung merupakan acara yang rutin digelar setiap malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara ini bersifat tertutup untuk umum namun disiarkan langsung pukul 21.00-24.00 melalui Youtube dan Periscope Kraton Jogja, juga melalui kanal RRI Yogyakarta (Pro 1 & Pro 4).

Peristiwa SELANJUTNYA

Garebeg Sawal dan Ngabekten Be 1952

Terdapat dua agenda utama yang dilaksanakan Keraton Yogyakarta setiap memeringati Idulfitri, yakni Garebeg Sawal dan Ngabekten. Pada tahun ini, pelaksanaan Garebeg Sawal digelar pada Rabu (5/6) mulai pukul 8.00 pagi. Tujuh buah gunungan dikeluarkan dari keraton pada pukul 11.00 siang dan dibagikan ke Masjid Gedhe, Kantor Kepatihan, dan Puro Pakulaman.

Peristiwa SELANJUTNYA

Malem Selikuran Be 1952 J di Keraton Yogyakarta

Setiap tanggal 20 bulan Pasa, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Malem Selikuran guna menyambut datangnya Lailatul Qadar. Pada tahun 2019 ini, Malem Selikuran diperingati pada Sabtu (25/5) mulai pukul 16.30 bertempat di Bangsal Sri Manganti. Prosesi dipimpin oleh GKR Mangkubumi yang didampingi oleh GKR Bendara dan GKR Condrokirono. Turut hadir pula para penghageng, wakil penghageng, carik, kahartakan, serta perwakilan dari tepas-tepas dan kawedanan yang ada di keraton.

Peristiwa SELANJUTNYA

Tingalan Jumenengan Dalem ke-31 Tahun Be 1952 J

Sri Sultan Hamengku Buwono X telah resmi bertakhta selama 31 tahun pada 29 Rejeb, Be 1952 J. Rangkaian Hajad Dalem untuk merayakan Tingalan Jumenengan Dalem telah diselenggarakan sejak tanggal 26 Rejeb atau pada Rabu, 3 April 2019 M.
Peristiwa SELANJUTNYA