Info Terkini

Pemindahan Patung HB IX ke dalam Keraton Yogyakarta

164 | Senin, 16 Mei 2016 admin

Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX  merupakan tokoh berkharisma yang tidak mudah pudar dalam ingatan. Termasuk bagi seorang seniman patung asal Yogyakarta bernama Rustamadji (alm), yang begitu mengagumi sosok HB IX. 

Sebagai bentuk rasa hormat, Rustamadji membuat karya berupa patung dada Sri Sultan HB IX. Media yang digunakan untuk membuat patung tersebut adalah batu gunung dengan berat 1,5 ton dan tinggi 1,3 m. Keseluruhan proses pembuatannya dilakukan di rumah kontrakan Rustamadji yang berada di Jalan Batikan No. 665, Kelurahan Wirogunan, Yogyakarta. Patung batu tersebut dibuat selama tiga tahun (1951-1953), pada saat Sri Sultan HB IX menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI. 

Hingga selesai dibuat bahkan hingga bertahun-tahun setelah Rustamadji wafat patung tersebut masih berada di tempat semula. Hingga kemudian, Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 mempunyai inisiatif untuk memindahkan patung ke dalam Kompleks Kasatriyan, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi atas karya seorang Rustamadji sekaligus supaya patung tersebut lebih terawat dengan baik. Atas ijin yang diberikan oleh keluarga Rustamadji dan juga pemilik rumah kontrakan yang dulunya mereka tempati, patung tersebut diboyong oleh pihak Kraton Jogja pada Selasa Wage, 9 Februari 2016. 

Sebelum dipindahkan, terlebih dahulu dilakukan doa dan setelah itu dilanjutkan dengan prosesi siraman air menggunakan padi yang dilakukan langsung oleh GKR Mangkubumi, puteri tertua Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10  yang juga merupakan cucu dari Sri Sultan HB IX.

Saat ini, patung tersebut telah ditempatkan di Plataran Bangsal Kasatriyan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan posisi menghadap ke Barat. Selain sebagai sebuah bentuk apresiasi, pemindahan patung ini juga diharapkan akan memberikan gambaran kepada para wisatawan atau siapa saja yang melihat agar dapat mempelajari nilai-nilai keteladanan seorang Sri Sultan Hamengku Buwono IX. (TTY/VRP) 

TATA PEMERINTAHAN