Info Terkini

Sebulan Berjalan, Pameran Sang Adiwira Hadirkan Lebih dari 5000 Pengunjung

1212 | Jumat, 04 Desember 2020 admin

Pameran Temporer Adhyatmaka: Sang Adiwira Sri Sultan Hamengku Buwono II yang digelar oleh KHP Nityabudaya Keraton Yogyakarta telah berjalan sebulan setelah dibuka pada Kamis (29/10) lalu. Dalam pameran yang masih digelar hingga 31 Januari 2021 mendatang, masyarakat dari dalam dan luar Kota Yogyakarta nampak antusias menyelami sejarah Sri Sultan Hamengku Buwono II selama bertakhta hingga peristiwa yang menyertai.

“Kami bersyukur, meski dalam suasana pandemi, masyarakat tetap antusias berkunjung ke pameran. Tercatat hingga Minggu, 29 November 2020 kemarin sudah ada lebih dari 5000, tepatnya 5108 pengunjung yang hadir. Pembelian tiket online maupun on the spot semuanya ramai, terutama ketika long weekend kemarin dan bertepatan dengan promo spesial Hari Pahlawan. Namun, semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan dan peraturan pengunjung yang kami buat,” papar GKR Bendara selaku Penghageng KHP Nityabudaya sekaligus Ketua Panitia Pameran Sang Adiwira.


Pada bulan November lalu, telah terselenggara dua sesi webinar sebagai rangkaian acara dari pameran Sang Adiwira. Arsitektur Pesanggrahan Era Sri Sultan Hamengku Buwono II menjadi tema dari webinar pertama yang digelar Selasa (10/11) dan menghadirkan Dr. Ir. Revianto Budi Santosa, M.Arch sebagai narasumber. Webinar dilaksanakan di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan dan disiarkan melalui aplikasi Zoom serta diikuti oleh 32 peserta dari baik dari Yogyakarta, maupun luar DIY seperti Jawa Tengah, Bandung, Bali, dan Jabodetabek.

Webinar kedua bertemakan Sri Sultan Hamengku Buwono II dan Peristiwa yang Menyertainya juga telah digelar pada Selasa (24/11). Webinar ini menghadirkan Prof. Dr. Joko Suryo sebagai narasumber dan diikuti oleh 28 peserta dari berbagai daerah. Tak hanya dari DIY, terdapat pula peserta dari Jabodetabek, Jawa Timur, Bandung, dan Bali. 

Memasuki bulan Desember 2020, pameran Sang Adiwira masih akan menghadirkan serangkaian agenda. Webinar ketiga akan digelar pada Selasa (8/12) dengan tema Batik dan Busana Tari di Era Sri Sultan Hamengku Buwono II bersama narasumber Dr. Theresia Suharti. Webinar terakhir akan diselenggarakan pada Selasa (22/12) dengan tema Sisi Humanis Sri Sultan Hamengku Buwono II: Perjamuan dalam Diplomasi Politik bersama narasumber Prof. Dr. Joko Marihandono, S.S., M.Si.

Selain dua webinar tersebut, Tim Pameran juga akan menyelenggarakan Virtual Tur pameran Sang Adiwira. Acara ini sedianya mengakomodir masyarakat di luar Yogyakarta, bahkan luar negeri yang ingin menikmati pameran namun belum bisa berkunjung langsung ke Keraton Yogyakarta.

“Virtual Tur pameran Sang Adiwira ini rencananya akan diselenggarakan beberapa sesi, dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris juga. Yang sudah terjadwal itu hari Sabtu, 5 dan 19 Desember 2020, lainnya masih kami rancang kembali dan akan diumumkan kemudian melalui Instagram @kratonjogja.event. Kami akan berusaha menghadirkan pengalaman berkunjung virtual yang terbaik. Jadi meskipun tidak bisa menyaksikan langsung koleksinya, namun tetap bisa menikmati kisah dari Sang Adiwira,” tutur GKR Bendara.

Virtual Tur Pameran Sang Adiwira akan diselenggarakan pukul 15.00 WIB dengan tiket Rp15.000,00. Untuk dapat mengikuti webinar dan virtual tur, peserta dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui laman sangadiwira.alura.id. Selain itu, pameran ini menyediakan suvenir eksklusif berupa katalog dan kalender 2021 yang bisa diperoleh secara langsung di loket pariwisata (area Keben), maupun pemesanan secara daring melalui laman sangadiwira.alura.id. Informasi lebih lanjut mengenai pameran Sang Adiwira dapat disimak melalui media sosial Instagram @kratonjogja.event , Facebook Kraton Jogja dan Twitter @kratonjogja. 

TATA PEMERINTAHAN