Info Terkini

Yasa Peksi Burak Be 1952, Peringatan Isra' Mi'raj Keraton Yogyakarta

579 | Jumat, 05 April 2019 admin Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono beserta kerabat merangkai pohon buah Peksi Burak

Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono beserta kerabat merangkai pohon buah Peksi Burak

Setiap tahunnya, Isra` Mi`raj di Keraton Yogyakarta diperingati dengan Yasa Peksi Burak. Peringatan dilaksanakan setiap tanggal 27 Rajab tahun Jawa, yang tahun ini jatuh pada Selasa tanggal 2 April 2019. Prosesi dimulai pukul 9.00 pagi di Bangsal Sekar Kedhaton, Kompleks Keputren, dan dipimpin oleh putri sulung Sultan, GKR Mangkubumi.

Prosesi dihadiri oleh empat putri Sultan yang lain, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendara, dan para Sentana Dalem Putri diantaranya GBRAy Murdakusuma, GBRAy Riya Kusuma, BRAy Nuraida Joyokusumo, BRAy Poerbaya, serta Abdi Dalem Keparak. Inti dari prosesi Hajad Dalem ini adalah membuat Peksi Burak (Burung Buraq) dan hiasan yang menyertainya. Peksi Burak adalah kendaraan Nabi Muhammad saat melakukan Isra' Mi'raj.

Secara keseluruhan, kegiatan ini membuat empat pohon bunga dan dua pohon buah. Terdapat dua peksi yang dibuat dari kulit jeruk bali, satu peksi jantan dan satu peksi betina. Peksi tersebut diletakan di atas dua pohon buah. Dua pohon buah dirangkai oleh kerabat Sultan, sedangkan keempat pohon bunga dirangkai oleh Abdi Dalem Keparak. Proses merangkai ini selesai sekitar pukul 14.00.

Sekitar pukul 15.30, kedua pohon buah dan empat pohon bunga yang telah selesai dirangkai diarak menuju Masjid Gedhe. Sebelum prosesi arak-arakan, GKR Mangkubumi menyerahkan Peksi Burak kepada Abdi Dalem Kanca Kaji. Setelah selesai doa bersama yang dipimpin oleh Abdi Dalem Kanca Kaji, uba rampe Peksi Burak tersebut dibawa menuju Masjid Gedhe melalui Regol Kamandungan Lor dan Jalan Rotowijayan. Pada saat itu, jalan ditutup sementara dari kendaraan bermotor agar arak-arakan dapat berjalan dengan lancar.

Di serambi Masjid Gedhe, Peksi Burak diserahkan kepada Abdi Dalem Pengulon. Acara penyerahan ini kemudian ditutup dengan doa. Pada malam harinya, peringatan Isra' Mi'raj akan dilanjutkan dengan pengajian yang terbuka bagi masyarakat umum.


Hajad Dalem Yasa Peksi Burak Tahun Dal 1951 (12 April 2018)

TATA PEMERINTAHAN