Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 2 Januari 2023

Memasuki tahun baru 2023, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap Senin Pon (malam Selasa Wage). Pada bulan Jumadilakhir ini, Uyon-Uyon Hadiluhung digelar di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan.

Selain menyajikan komposisi gendhing, Uyon-Uyon Hadiluhung pada 2 Januari 2023 juga menampilkan Bedhaya Sinom. Pertunjukan kali ini dapat disaksikan secara luring oleh masyarakat dengan melakukan reservasi melalui pranala https://bit.ly/uyonuyon2jan23 (kuota terbatas). Pengunjung wajib menggunakan busana sesuai pranatan atau ketentuan yang berlaku di lingkungan keraton dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Uyon Uyon 2 01 2022 02

Pergelaran ini tetap dapat disaksikan secara daring melalui siaran langsung (live streaming) di kanal YouTube Kraton Jogja dan siaran RRI Pro 4 mulai pukul 19.00 WIB.

Komposisi Gendhing:

  1. Gendhing Pambuka: Ladrang Raja Manggala Laras Pelog Pathet Nem.
  2. Gendhing Soran: Gendhing Redi Guntur Laras Slendro Pathet Nem Kendhangan Candra. 
  3. Bedhaya Sinom.
  4. Gendhing Lirihan I: Gendhing Kanyut Laras Slendro Pathet Sanga, Kendhangan Jangga, minggah Ladrang Kridha Wirama Laras Slendro Pathet Sanga.
  5. Gendhing Lirihan II: Gendhing Genjong Goling Laras Pelog Pathet Nem, Kendhangan Sarayuda. Dhawah Ladrang Genjong Goling Laras Pelog Pathet Nem, Ketawang Ilir-Ilir Laras Pelog Pathet Nem.
  6. Gendhing Lirihan III: Gendhing Gendhiyeng Laras Slendro Pathet Manyura, Kendhangan Candra, jangkep sadhawahipun. Minggah Ketawang Sri Gumawang Laras Slendro Pathet Manyura.
  7. Gendhing Panutup: Ladrang Sri Kondur Laras Slendro Pathet Manyura.

Uyon Uyon 2 01 2022 01

Sinopsis Bedhaya Sinom

Bedhaya Sinom merupakan salah satu Yasan Dalem (karya) Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Tari klasik ini mengisahkan pertarungan antara Dewi Kuroisyin dari Ngajrak dan Dewi Widaningrum dari Tartaripura (Mongol). Perseteruan tersebut didasari oleh keinginan Dewi Widaningrum untuk membalas dendam atas kematian kakaknya, Dewi Adaninggar, yang gugur dalam peperangan melawan bala tantara Persia. Namun pada akhirnya, aksi balas dendam ini gagal. Dewi Widaningrum malah yang gugur setelah terkena panah rajut yang dilesatkan oleh Dewi Kuroisyin. 

Pertunjukan Bedhaya Sinom kali ini didukung oleh:

Paraga Patuh

  1. Nyi MJ Dyahkumolo Guritno
  2. Dhiah Anis Dwi Prastiwi
  3. Ardhana Wikanestri
  4. Sekar Mawardah Sari Ananto
  5. Candi Paras Ismoyo
  6. Savina Aurellia Paviani
  7. Anggun Indah Mawaddda
  8. Erina Putri Widyawati
  9. Arisa Fifi Nila Saputri 

Paraga Bela

  1. Tesalonika Verona Yuwara
  2. Intan Oktavia Sari
  3. Rani Nur Rochim
  4. Ekawani Galuh Wasistha
  5. Syakirina Sheryl Mazzaya
  6. Destrine Megentina

Paraga Dhuduk

  1. Ummi Aulia Agustia
  2. Ayu Wina Tirta

Pemucal Beksa

  1. Nyi Dra. MW Wijayantisuryomataya, M. Sn
  2. Nyi Dra. MW Sugiyartisrimataya, M. Hum

Panata Gendhing: MW Susilomadyo

Pengeprak: RW Rogomurti

Pemaos Kandha: KMT Dwijosupadmo

Panata Busana: MJ Listyosumekto 

Produser: RB Pronomataya