Bedhaya Durma Kina

Serat Kandha

Sebet byar wauta, anenggih ingkang kakersakaken kawiyosaken punika, Kelangenan Dalem Bedhaya Durma, Iyasan Dalem Eyang Dalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan ingkang jumeneng kaping tiga, duk jumeneng ing Kadospaten Dalem.

Ing sapunika Karsa Dalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengku Buwana, Senapati Ingalaga, Ngabdurahman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang jumeneng kaping pitu, Komanduring Ordhe Nedherlanse Leyo, Jendral Mayor i[ng] wadya balanipun Kangjeng Sri Maharaja Putri ing Nagari Nederlan, kang sudibya ngrenggani Karaton Dalem ing Ngayugyakarta Hadiningrat. Karsa Dalem kawangun malih, wondene saniskaranira sampun kocap wonten Kagungan Dalem Serat Pasindhen sedaya.

Wauta, ingkang pinindha wanodya, sareng tumindhak ana teka kadya peksi bayan muluk aneng tawang.

Terjemahan:

Syahdan, yang akan dipergelarkan saat ini adalah pertunjukan tari Bedhaya Durma, ciptaan sang leluhur, Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan yang bertakhta ketiga, ketika masih berada di Kadipaten.

Saat ini menjadi kepunyaan Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono, Senapati Ingalaga, Ngabdurahman Sayidin Panatagama Khalifatullah yang bertakhta ketujuh, penerima medali Orde Singa Belanda derajat Panglima, Mayor Jenderal bala tentara Ratu Belanda, yang bertakhta mulia di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Atas prakarsa Sultan, tari ini digubah kembali, adapun selengkapnya telah tertulis dalam manuskrip pesinden semua.

Alkisah, setelah para putri hadir, tampak bagaikan burung bayan yang terbang ke angkasa.

Durma Kina 29032022 03

Bedhaya Durma Kina awalnya merupakan Yasan Dalem (karya) Sri Sultan Hamengku Buwono III (1810-1814) yang waktu itu masih berstatus Pangeran Adipati Anom atau putra mahkota. Karena bedhaya ini diciptakan di Dalem Kadipaten, maka sering disebut Bedhaya Durma Kadipaten

Pada era Sri Sultan Hamengku Buwono V (1823-1855), Bedhaya Durma Kina pernah ditarikan oleh Abdi Dalem Bedhaya Kakung, yaitu penari remaja putra dengan busana dan riasan putri. Hal tersebut lebih berhubungan dengan alasan teknis menyangkut larangan di keraton bagi penari putri untuk membawakan tari yang dianggap sakral bila sedang menstruasi (nggarap sari). Pada era Sri Sultan Hamengku Buwono VII (1877-1921), atas kehendak beliau, Bedhaya Durma Kina digubah untuk kembali dibawakan oleh Abdi Dalem Bedhaya Estri atau penari putri.  

Catatan mengenai Bedhaya Durma Kina dimuat dalam manuskrip “Kagungan Dalem Serat Bedhaya” dengankode BS 09. Manuskrip tersebut kini disimpan di Perpustakaan KHP Kridhamardawa Keraton Yogyakarta. 

Terdapat beberapa bedhaya memiliki nama yang mirip dengan Bedhaya Durma Kina, yaitu Bedhaya Durma dan Bedhaya Durma Enggal. Ketiganya sama-sama mengambil nama dari Gendhing Durma, tetapi masing-masing memiliki cerita dan koreografi yang berbeda. Penggunaan istilah “kina” atau “tua” disematkan sebagai pembeda.

Bedhaya Durma Kina mengisahkan sosok putri Ngayogyakarta yang sempurna dalam bersikap dan pandai memahami sesuatu, baik yang tersirat maupun tersurat. Putri tersebut digambarkan memiliki pandangan mata teduh, tetapi sangat menonjol dalam keramaian. Cantik bagai bidadari dengan kulit halus menawan. Pembawaannya yang luwes, sehingga mengundang kekaguman. 

Durma Kina 29032022 01

Ragam Gerak

Bedhaya Durma Kina dibawakan dengan ragam gerak antara lain sembahan, ngenceng cathok udhet, tawing, bangomate, ngenceng maju mundur, panggel, pendhapan nyathok udhet, impang ngewer udhet, impang lembeyan, impang maju, impang mundur, kicat aliyan nyangkol udhet, ngenceng jengkeng, ulap-ulap, ngancap, duduk wuluh, grudha, dan nglayang.

Koreografi Bedhaya Durma Kina sama dengan bedhaya umumnya yang tersusun atas kapang-kapang maju, tari pokok, dan diakhiri dengan kapang-kapang mundur. Pokok tari terbagi menjadi subbagian pertama, kedua, dan ketiga. Subbagian pertama dan kedua dilakukan tanpa berhenti atau suwuk, sementara perpindahan dari subbagian kedua menuju ketiga dimulai dengan buka gendhing berikutnya. 

Pembacaan Serat Kandha Bedhaya Durma Kina sedikit berbeda dengan bedhaya pada umumnyaBiasanya pembacaan kandha dilakukan ketika penari telah duduk di ruang pementasan. Namun dalam bedhaya ini, pembacaan kandha dilakukan sebelum penari berada di ruang pementasan. Pola lantai dan ragam gerak pada subbagian pertama tidak dimulai oleh semua penari, melainkan hanya oleh tiga; endhel pajeg, apit ngajeng, serta apit wingking. Penari lain menyusul secara berbarengan. 

Durma Kina 29032022 04

Busana

Tata busana Bedhaya Durma Kina utamanya terdiri dari kampuh dengan rias paes ageng. Pada pementasan Uyon-Uyon Hadiluhung 28 Maret 2022, penari Bedhaya Durma Kina mengenakan busana gladhen yakni sanggul tekuksemekan yang dipadukan dengan embong berwarna cerah, nyamping dengan pola seredan, keris, sondher cindhe, ditambah aksesori subang dan cincin.

Iringan

Komposisi iringan yang digunakan dalam bedhaya ini terdiri dari Lagon Wetah Slendro Pathet Enem, Ladrang Peksi Bayak (kapang-kapang maju), Lagon Jugag Slendro Pathet Enem, Kawin Sekar Sinom Pelog Pathet Nem, Gendhing Durma Pelog Pathet Nem (dengan menggunakan instrumen kemanak), Ladrang Mijil Pelog Pathet Barang, Ladrang Megatruh Pelog Pathet Barang, Ladrang Gonjang-Ganjing Pelog Pathet Nem, Ladrang Semang utawi Endhel Pelog Pathet Nem, Lagon Panunggul Pelog Pathet Nem, Ladrang Kaloran Slendro Pathet Manyura (kapang-kapang mundur)dan diakhiri dengan Lagon Jugag Slendro Manyura.

Lampah bedhayan digunakan untuk mengiringi masuk dan keluarnya penari Bedhaya Durma Kina, alih-alih Gendhing Gati mengingat tarian ini diciptakan sebelum era Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Penggunaan lampah bedhayan menjadi sebuah hal yang khas dan jarang dijumpai dalam karya-karya tari setelah era Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

Durma Kina 29032022 05


Daftar Pustaka

Indrawati, A. 1987. Analisis Struktur Tari Bedhaya Durma Kina Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Tugas Akhir Fakultas Kesenian Institut Seni Indonesia.

Kagungan Dalem Serat Bedhaya (BS 09) Koleksi Kapustakan Kridhamardawa, Keraton Yogyakarta.

Lindsay, Jennifer., dkk. 1994. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 2 Kraton Yogyakarta. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Wawancara dengan Nyi RJ Lukitoningrumsumekto pada 15 Maret 2022.

Wawancara dengan Nyi KRT Pujaningsihpada 18 Maret 2022.

Wawancara dengan Nyi M Riya Murtiharini pada 18 Maret 2022.

Wawancara dengan MJ Puspokawedar pada 18 Maret 2022.

Wawancara dengan Nyi MB Lalitamardowo pada 22 Maret 2022.