Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 19 September 2022

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono Ka 10 setiap Senin Pon (malam Selasa Wage). Pada bulan Sapar ini, Uyon-Uyon Hadiluhung mengambil latar pertunjukan di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan. 

Selain menyajikan komposisi gendhing, Uyon-Uyon Hadiluhung pada 19 September 2022 juga menyajikan Beksan Punggawa. Pergelaran kali ini dapat disaksikan secara luring oleh masyarakat umum dengan melakukan reservasi melalu pranala bit.ly/rsvuyonuyon19september (kuota terbatas). Hadirin juga wajib menggunakan busana sesuai pranatan atau ketentuan yang berlaku di lingkungan keraton dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Pergelaran ini juga tetap dapat disaksikan secara daring melalui siaran langsung (live streaming) di kanal YouTube Kraton Jogja dan siaran RRI Pro 4 mulai pukul 19.00 WIB.

Uyon Uyon 19092022 01

Komposisi Gendhing:

  1. Gendhing Pambuka: Ladrang Rajamanggala Laras Pelog Pathet Nem. 
  2. Gendhing Soran: Gendhing Damarkeli Laras Slendro Pathet Nem, Kendhangan Jangga jangkep sadhawahipun.
  3. Beksan Punggawa.
  4. Gendhing Lirihan I: Gendhing Kanyut Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Jangga jangkep sadhawahipun. Minggah Ketawang Srikawuryan Laras Slendro Pathet Sanga.
  5. Gendhing Lirihan II: Gendhing Irim-Irim Laras Pelog Pathet Barang, Kendhangan Sarayuda. Minggah Ladrang Angguk Kudus.
  6. Gendhing Lirihan III: Gendhing Carang Gantung Laras Slendro Pathet Manyura, Kendhangan Candra jangkep sadhawahipun, Ladrang Asmarandana Laras Slendro Pathet Manyura, Ayak-Ayak, Srepeg lan Plajaran Laras Slendro Pathet Manyura – Lagu Dolanan: Te Kate Dipanah, Sar Sur Kulonan, Dhong Dhong Gung, lan Bagong Ngamuk Laras Slendro Pathet Manyura. 
  7. Gendhing Panutup: Ladrang Sri Kondur Laras Slendro Pathet Manyura. 

Sinopsis Beksan Punggawa 

Beksan Punggawa merupakan Yasan Dalem (karya) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10. Diambil dari roman Panji, tarian ini menceritakan tentang pertempuran antara Raden Jaya Wiruta sebagai senopati dari Kerajaan Kediri, sementara Kiai Patih Jaya Surangga sebagai patih dari Kerajaan Parangkencana. Peperangan ini disebabkan oleh adanya penolakan dari Dewi Sekartaji yaitu istri Panji Asmarabangun/ ibu Panji Laleyan dari Kediri untuk menikah dengan raja dari Parangkencana, yaitu Prabu Dasakusuma. Sehingga, raja dari masing-masing kerajaan memerintahkan senopati dan patihnya untuk berperang. Peperangan tersebut kemudian dimenangkan oleh Raden Jaya Wiruta.

Uyon Uyon 19092022 02

Pertunjukan Beksan Punggawa kali ini didukung oleh:

Paraga: 

  1. RB Murpratomokumudamatoyo
  2. RB Pulungronggomatoyo
  3. RB Gunomardowo
  4. MB Putromatoyo 
  5. MB Santosopujimatoyo
  6. MJ Handitohastomatoyo
  7. MJ Gumelarsigromardowo
  8. Hangga Uka Hattameszza Nasqhimenta
  9. Lintang Ayodya Wahyu Aji
  10. Icha FIkri Kurniawan

Pamucal Beksa:

  1. KMT Suryowaseso
  2. RW Widodomondro
  3. MW Dwijosuwanto

Panata Gendhing: MW Susilomadyo

Pengendhang: RW Ngeksibrongto

Pengeprak: KMT Suryowaseso

Pemaos Kandha: KMT Dwijosupadmo

Panata Busana:  ML Nalaprasetya

Produser: MJ Budimatoyo

Pamucal Musikan: ML Widyoyitnowaditro