Puncak Hamengku Buwono IX Award Digelar di Keraton Yogyakarta

Memperingati Dies Natalis ke-73, Universitas Gadjah Mada kembali menganugerahkan Hamengku Buwono IX Award (HB IX Award). Apresiasi tersebut merupakan upaya UGM dalam menghargai tokoh atas dedikasinya kepada bangsa dan kemanusiaan. Dari tahun ke tahun, HB IX Award membidik tokoh-tokoh masyarakat yang berperan dalam berbagai bidang untuk dapat diberi penghargaan, namun dua tahun terakhir terhenti karena pandemi.

Pada tahun 2022, HB IX Award kembali diberikan kepada tokoh yang dianggap pantas menerima anugerah dan UGM menepatkan Bapak Perry Warjiyo, S.E., M.Sc., Ph.D., sebagai penerimanya. Bapak Perry diusulkan sebagai penerima atas inovasi dan jasanya di bidang moneter, keuangan nasional, keuangan global, hingga pengendalian perekonomian negeri semasa pandemi Covid-19. Atas perannya pula, ekonomi negeri ini tidak terperosok dalam krisis pascapandemi.

Dies Natalis Ugm 2022 01

Penganugerahan HB IX Award (19/12) tahun ini digelar di Bangsal Srimanganti Keraton Yogyakarta. Dihadiri langsung oleh Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 dan GKR Mangkubumi, gelaran penganugerahan HB IX Award berjalan khidmat. Suguhan Beksan Ajisaka dalam pembukaan acara pun makin memberi kesan patriotik seperti Sri Sultan Hamengku Buwono IX, sosok yang namanya diabadikan dalam anugerah ini. Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Sp.OG(K)., Ph.D., Majelis Guru Besar, Senat Akademik, dan Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada serta seluruh undangan yang hadir pada puncak acara HB IX Award terkesima dalam kemasan acara yang dibalut dengan nilai-nilai budaya. Acaranya pun digelar di kediaman sang patriot bangsa Hamengku Buwono IX sehingga menambah kekaguman.

Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 dalam sambutan mengapresiasi kerja keras dari Bank Indonesia dan Bapak Perry dalam menahan arus kemunduran ekonomi akibat pandemi. Upaya membangun UMKM rupanya menjadi jalan strategis dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. “Saya mewakili seluruh masyarakat DIY mengapresiasi berbagai langkah Bank Indonesia dalam mendukung eksistensi UMKM di masa pandemi. Bagaimanapun, UMKM memiliki peran sangat strategis dalam perekonomian Indonesia. Tahun 2018, UMKM berkontribusi terhadap 57,24% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, yang setara dengan Rp 5.721,14 triliun,” ungkap Sri Sultan.

Dies Natalis Ugm 2022 03

Meski dalam kondisi serba terbatas, Bank Indonesia mampu mendorong geliat UMKM sebagai industri rakyat yang bergerak begitu masif. Di sisi lain, inovasi yang dikedepankan dalam mengembangkan UMKM melalui jalur digital memberi peluang lebih luas dalam upaya pemasaran produk lokal di skala global.

“Terlepas dari berbagai tantangan yang dihadapi, saya mendukung akselerasi digitalisasi UMKM, khususnya di wilayah DIY, sebagai episentrum UMKM berbasis budaya. Saya optimis, berbagai tantangan seperti human intellectual capital, structural capital, relational capital, dan social capital dapat kita kelola bersama, demi mewujudkan UMKM bertaraf global yang lahir dari nilai kearifan lokal,” tambah Sri Sultan.

HB IX Award tidak sekadar melihat peran tokoh hari ini, melainkan melihat keberlanjutan dari kerja panjang di berbagai bidang. Seperti halnya Bapak Perry yang membangun atmosfer ekonomi menengah secara kondusif melalui UMKM serta mendekatkan peluang global lewat jalan digital. Serupa dengan falsafah urip iku urup dan hamemayu hayuning sapadha, HB IX Award pantas disematkan bagi tokoh-tokoh yang telah bergerak memberi perubahan bagi kehidupan masyarakat luas.

Dies Natalis Ugm 2022 05