Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 6 Febuari 2023

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 pada tiap Senin Pon (malam Selasa Wage). Pada bulan Rejeb ini, Uyon-Uyon Hadiluhung digelar di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan. 

Selain menyajikan komposisi gendhing, Uyon-Uyon Hadiluhung pada 6 Febuari 2023 juga menampilkan Beksan Jayenglaga. Pertunjukan kali ini dapat disaksikan secara luring oleh masyarakat dengan melakukan reservasi melalui pranala http://bit.ly/uyonuyon6feb23 (kuota terbatas). Pengunjung wajib menggunakan busana sesuai pranatan atau ketentuan yang berlaku di lingkungan keraton dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Uyon Uyon Feb 2023 001

Pergelaran ini tetap dapat disaksikan secara daring melalui siaran langsung (live streaming) di kanal YouTube Kraton Jogja dan siaran RRI Pro 4 mulai pukul 19.00 WIB.

Komposisi Gendhing: 

  1. Gendhing Pambuka: Ladrang Raja Manggala Laras Pelog Pathet Nem.
  2. Gendhing Soran: Gendhing Kedhaton Mulya Laras Slendro Pathet Nem, Kendhangan Candra, jangkep sadhawahipun.
  3. Gendhing Lirihan I: Gendhing Brangta Mulya, Kendhangan Lala, minggah Ladrang Brangta Mulya, Laras Pelog Pathet Lima.
  4. Beksan Jayenglaga 
  5. Gendhing Lirihan II: Gendhing Muncar, Kendhangan Sarayuda, minggah Ladrang Eling-Eling, Kalajengake Ketawang Megatruh Laras Pelog Pathet Barang.
  6. Gendhing Lirihan II: Gendhing Glebag, Kendhangan Candra, jangkep sadhawahipun. Minggah Ladrang Sri Rahayu, kalajengake Plajaran, kaseling Rambangan Kinanthi, Asmaradana, lan Durma Laras Slendro Pathet Manyura.
  7. Gendhing Panutup: Ladrang Sri Kondur Laras Slendro Pathet Manyura.

Uyon Uyon Feb 2023 003

Sinopsis Beksan Jayenglaga

Beksan Jayenglaga merupakan beksan kakung (tari putra) Yasan Dalem (karya) ketujuh Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10. Bernuansa lakon Panji, Beksan Jayenglaga mengisahkan perseteruan Raden Jayanglaga dari Kerajaan Jenggala dengan Prabu Mandrasena dari Kerajaan Puser Angin. Pertempuran keduanya berawal saat Prabu Mandrasena berniat memperluas daerah kekuasaannya hingga Jenggala. Niat itu padam karena Prabu Mandrasena dikalahkan Raden Jayenglaga. Sama seperti yang dituliskan dalam naskah, pertempuran dalam beksan Jayenglaga akhirnya dimenangi oleh Raden Jayenglaga.

Uyon Uyon Feb 2023 002

Pertunjukan Beksan Jayenglaga kali ini didukung oleh:

Paraga Patuh:

  1. RB Putramataya
  2. M. Samiaji
  3. Okky Bagas Saputra
  4. Andi Setyawan

Paraga Bela:

  1. Margantoro
  2. Oksi Kurniawan

Pamucal Beksa: 

  1. RW Widodomondro
  2. MW Dwijasuwanto 

Panata Gendhing: MW Susilomadyo

Pengeprak: KMT Suryowasesa 

Penata Busana: ML Nalaprasetya 

Produser: MB Pujimataya