Yogyakarta Royal Orchestra Meriahkan Malam Penganugerahan Maritime Award

Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar konser Yogyakarta Royal Orchestra. Kali ini, Yogyakarta Royal Orchestra digelar bersamaan dengan Malam Penganugerahan Maritime Award 2022/2023 yang berlangsung di Batavia Marina, Pelabuhan Sunda Kelapa, DKI Jakarta, pada Jumat (10/02) malam. Agenda ini dihadiri langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menkopolhukam Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., dan Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. 

Royal Orchestra Maritim Award 2023 005

Keluarga Kesultanan Yogyakarta juga turut hadir mendampingi Sri Sultan, yakni GKR Hemas, GKR Mangkubumi, KPH Notonegoro, KPH Yudanegara, dan RAj Arti Ayya Fatimasari Wironegoro. Malam penganugerahan diawali dengan jamuan makan malam dan selanjutnya pergelaran Yogyakarta Royal Orchestra mulai pukul 21.00 WIB.

Konser Yogyakarta Royal Orchestra Maritime Award 2022/2023 mempersembahkan tujuh repertoar aransemen yang digarap oleh Mas Lurah Widyoyitnowaditro. Mas Wedana Widyowiryomardowo sebagai pengaba (conductor) bersama tim orkestra menyuguhkan repertoar pertama yaitu Yen Ing Tawang Ono Lintang yang berkolaborasi dengan alunan Gender dari MW Susilomadyo, alunan Clempung oleh MB Jatipurno dan Sinden oleh Nyi MB Larasati.

Royal Orchestra Maritim Award 2023 006

Repertoar kedua Yogyakarta Royal Orchestra menyajikan aransemen Nenek Moyangku Seorang Pelaut, disusul dengan Simfoni Raya Indonesia. Repertoar selanjutnya, Yogyakarta Royal Orchestra berkolaborasi dengan solois violin muda Mg Bonfillio Shyallom Rezand Bangun lewat repertoar Lir-Ilir. Tak hanya menggandeng solois violin, Kawedanan Kridhamardawa juga menghadirkan Dira Sugandi dan Daniel Christianto dalam 3 repertoar berturut-turut yakni Berkibarlah Bendera Negeriku, Rayuan Pulau Kelapa, dan Indonesia Jaya. 

Royal Orchestra Maritim Award 2023 008

Dira Sugandi mengungkapkan kekagumannya terhadap Yogyakarta Royal Orchestra. “Kami baru melakukan latihan pertama kemarin (gladi resik), saya sangat bangga sekali Indonesia mempunyai orkestra yang bagus sekali seperti Yogyakarta Royal Orchestra ini,” tutur Dira Sugandi saat bincang singkat di sela konser.

Royal Orchestra Maritim Award 2023 007

Pada kesempatan tersebut Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan dalam kategori Inisiator Kebijakan di Bidang Pembangunan Maritim (Soedarpo Sastrosastomo Award). Sebelumnya Sri Sultan Hamengku Buwono X berkesempatan menyampaikan Orasi Kebangsaan dengan tajuk “Kebijakan Laut dan Kedaulatan Maritim Indonesia” di hadapan para undangan dan penerima penghargaan.

“Semangat dan keterampilan bahari, yang pernah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, perlu digali dan dikembangkan kembali di kalangan generasi muda, agar bangsa Indonesia mampu menjadi tuan di negeri mereka sendiri. Diilhami oleh Semangat Bahari itu, upaya membangun Indonesia Baru yang lebih maju, mandiri dan bermartabat, memerlukan strategi budaya. Perlu disiapkan generasi muda Indonesia, yang sanggup mengambil tanggung jawab masa depan, berkeyakinan diri, dan memiliki wawasan kebaharian yang mendalam, serta didukung oleh keterampilan bahari yang memadai,” ungkap Sri Sultan saat menyampaikan orasi.

Royal Orchestra Maritim Award 2023 001

Konser Yogyakarta Royal Orchestra Maritime Award 2022/2023 digelar atas kerja sama Keraton Yogyakarta dengan Yayasan Biijana Paksi Sitengsu. Konser kali ini terbilang istimewa karena pertama kalinya YRO pentas di Pelabuhan Sunda Kelapa yang memiliki nilai histori bagi bangsa Indonesia. Selain itu, konser ini juga digelar secara hibrida, daring dan luring yang dapat diakses masyarakat melalui kanal YouTube Kraton Jogja.