Mr Gong Zheng, Wali Kota Shanghai Kunjungi Keraton Yogyakarta

Jumat (28/4), Putri bungsu Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, menerima kunjungan rombongan Wali Kota Shanghai, RRT di Keraton Yogyakarta. Rombongan yang berjumlah 19 orang diterima langsung oleh GKR Bendara di Regol Srimanganti dan diajak berkeliling keraton. Di samping Wali Kota Shanghai, Sekretaris Jenderal Pemerintah Rakyat Kota Shanghai, Direktur Jenderal Kantor Urusan Luar Negeri, Direktur Jenderal Komisi Perdagangan, hingga beberapa pejabat daerah Kota Shanghai terpukau melihat warisan budaya benda dan tak benda yang masih lestari di keraton saat ini.

GKR Bendara secara khusus menemani kunjungan rombongan Wali Kota Shanghai untuk menyaksikan bangunan cagar budaya, gedhong dan bangsal di keraton yang difungsikan sebagai museum, koleksi kristal dan porselen di Gedhong Patehan, Gedhong lukisan, hingga instalasi Pameran Narawandira. Ruang konservasi keraton pun tidak luput disambangi. 

“Wali Kota Gong Zheng hanya sebatas berkeliling keraton dan menyaksikan koleksi-koleksi budaya yang didisplai di masing-masing ruang. Beliau cukup terkesan dengan ruang galeri lukisan dan pameran temporer keraton yang selalu berubah temanya setiap tahun,” ungkap Nyi Raden Riyo Noorsundari.

Kunnjungan Kraton 2

Usai mengelilingi keraton, kunjungan rombongan Wali Kota Shanghai diakhiri di Regol Magangan dan santap siang di Bale Raos. Pada saat yang bersamaan, GKR Bendara menerima cendera mata dari Mr Gong Zheng sebagai bentuk terima kasih atas jamuan budaya saat mengunjungi keraton.

Di samping mengunjungi keraton, rombongan Wali Kota Shanghai juga mengunjungi Museum Sonobudoyo untuk menikmati sajian peninggalan budaya di Jawa. Kunjungan rombongan Mr. Gong Zheng beserta rombongan ke Yogyakarta secara khusus dilakukan dalam rangka reafirmasi Perjanjian Kerja Sama Persahabatan DIY-Shanghai.  Agenda utama tersebut digelar di Kepatihan bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Beberapa aspek kerja sama yang dibahas di antaranya bidang bisnis, perdagangan, dan teknologi, bidang pariwisata, bidang kebudayaan, bidang pendidikan, dan bidang pemeliharaan lingkungan hidup, pengelolaan area hijau, dan tata kota. Seluruh rangkaian agenda rombongan Wali Kota Shanghai di Yogyakarta, digelar sejak Rabu (26/4) dan berakhir pada Sabtu (29/4).